Menu

PENTING! Ciri Ciri Transistor Sanken Asli dan Palsu

Membeli transistor merk sanken perlu hati-hati karena terdapat barang tiruan yang beredar di pasaran, untuk mengenal lebih jauh berikut ini ciri ciri transistor sanken asli yang perlu diketahui. Ciri utama adalah dari bentuk yang sedikit berbeda dengan yang palsu, sedangkan tr sanken asli akan mempunyai huruf yang lebih tebal cetakannya dibandingkan produk tiruan.

Ini akan menjadikan kita lebih hati hati saat membeli transistor power sanken, karena ada sebagian penjual nakal yang mengaku produknya asli padahal barang kw sehingga perlu waspada terhadap segala macam produk yang tidak jelas asal usulnya.

Selengkapnya akan kita bahas dalam tulisan berikut dengan harapan memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca semuanya.

Harga Transistor Power Amplifier Sanken Yang Asli

Jika kita membeli di toko elektronik besar, maka tidak perlu khawatir karena biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. Artinya transistor sanken asli cenderung harganya lebih mahal ketimbang yang palsu, ini jadi salah satu jaminan keaslian produk tersebut.

Memilih toko besar mengingat biasanya toko elektronika besar bertaruh dengan nama baik mereka, sehingga barang yang dijual benar-benar valid keasliannya.

Transistor sanken asli jepang dijual dalam kisaran harga 60 rb per biji dengan beberapa toko kadang menaikkan atau menurunkannya sesuai keadaan.

Berapa Daya Transistor Sanken Asli?

Transistor power final sanken mampu memberikan daya hingga 200 watt per pasang, yang mana ini adalah daya maksimal yang bisa dikeluarkan dengan syarat kondisi prima.

Artinya untuk mendukung keluaran daya mencapai maksimum maka diperlukan power supply yang bagus dan perangkat lainnya termasuk pre-amp, hingga penggunaan speaker yang tepat.

Meskipun dari segi fisik lebih kecil namun banyak yang meng klaim hasil suara transistor sanken lebih bagus daripada transistor thosiba asli dengan harga bersaing, ini sebabnya merk sanken masih jadi pilihan hingga sekarang.

Caca Membedakan Transistor Sanken Asli Dengan Yang Palsu

Ciri ciri transistor sanken Sanken 2SA1216, 2SC2922 asli dan yang palsu dapat dikenali dengan baik dari segi fisiknya, kita bisa membedakannya dengan melihat pada produk itu sendiri.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu member forum luar negeri yang kami kutip dari forum sound-au, berikut ini beberapa ciri yang dengan mudah dikenali untuk mengetahui transistor final sanken palsu dan yang asli sehingga Anda tidak salah dalam membelinya.

Lihat Cetakan Font Tulisan dan dimensi fisik

Lihat pada gambar diatas, transistor sanken asli pada sisi kanan sedangkan yang palsu sebelah kiri.

Pada tr sanken yang asli tandanya seperti berikut, yang palsu adalah kebalikannya:

  • Cetakan font nampak lebih tebal dan kecil
  • Cetakan batch produksi terletak di tengah-tengah, tepat dibawah kode nomer komponen
  • Secara keseluruhan tr sanken original lebih besar sekitar 0,5 mm
  • Lekukan body pada tr yang asli tidak terlalu tajam dan sedikit melengkung

Lihat Tekstur fisik dan Penampang Dalam Komponen

Pada gambar diatas, transistor sanken asli disebelah kanan, dan yang palsu selalu sebelah kiri.

Dapat dilihat perbedaan antara yang asli dengan yang palsu nampak jelas seperti berikut:

  • Tekstur bagian belakang atau yang menempel ke heatsink pada transistor sanken asli nampak lebih memiliki tesktur yang merata dan nampak rapi
  • Pada transistor kw atau palsu, teksturnya nampak mengkilat dan mendekati mirror.
  • Pada saat transistor dibuka atau dipecahkan, bagian dalam komponen yang asli nampak lebih besar dan rapi, sedangkan transistor palsu cenderung kecil. Ini berpengaruh pada hasil akhir daya, suara, dan ketahanan transistor itu sendiri