Menu

Penyebab Casing PC Nyetrum, Komputer Berisik dan Berdengung dan Cara Mengatasinya

Permasalahan yang timbul pada perangkat komputer kita tentu saja menimbulkan kepanikan dan rasa cemas tersendiri apalagi itu berkaitan dengan kebocoran tegangan yang menyebabkan kita kesetrum listrik bocor tersebut.

Dalam tulisan ini kami bahas mengenai permasalahan komputer nyetrum saat tersentuh tangan, ini bisa mengagetkan kita apalagi saat pekerjaan penting lalu tidak sengaja nyentuh body PC dan malah kena setrum tentu saja sangat mengganggu.

Ada beberapa alasan mengapa casing PC bisa menimbulkan listrik statis atau “nyetrum,” dan ini dapat terjadi ketika Anda menyentuh casing atau melakukan tindakan tertentu.

Solusi Ketika PC Nyetrum Dan Penyebabnya

Beberapa penyebabnya termasuk:

  1. Listrik Statis: Salah satu penyebab utama adalah listrik statis yang terakumulasi di tubuh Anda. Ketika Anda menyentuh casing PC, listrik statis bisa melepaskan diri dan menyebabkan sensasi kejutan kecil.
  2. Pakaian: Bahan pakaian tertentu, seperti wol atau nilon, dapat meningkatkan akumulasi listrik statis. Jika Anda mengenakan pakaian ini dan kemudian menyentuh casing PC, risiko terjadinya kejutan statis meningkat.
  3. Lingkungan Kering: Udara kering memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengakumulasi listrik statis daripada udara yang lebih lembab. Jadi, jika Anda berada di lingkungan yang sangat kering, risiko kejutan statis lebih besar.
  4. Gerakan Mendekati Casing: Ketika Anda mendekati casing PC dengan cepat, misalnya, dengan menggesekkan kaki Anda di lantai dan kemudian menyentuh casing, itu bisa memicu kejutan statis karena pergerakan yang cepat dapat menyebabkan gesekan dan akumulasi listrik statis.

Pencegahan Agar Tidak Kesetrum Casing Komputer

Untuk menghindari kejutan statis saat menyentuh casing PC, Anda dapat mengambil beberapa langkah pencegahan, seperti:

  • Gunakan Gel Penyangga: Tempelkan gel penyangga antistatik pada casing PC. Ini akan membantu mengurangi akumulasi listrik statis.
  • Kenakan Pakaian yang Tepat: Hindari pakaian yang dapat menghasilkan listrik statis, seperti wol atau nilon, dan pilih pakaian berbahan katun.
  • Jaga Kelembaban: Pastikan kelembaban di ruangan Anda sesuai. Gunakan pelembab udara jika diperlukan.
  • Grounding: Pastikan PC Anda terhubung dengan sistem grounding yang baik. Ini akan membantu mengalirkan listrik statis ke tanah dan mengurangi risiko kejutan.
  • Sentuh Bagian Non-Konduktif: Ketika Anda perlu menyentuh casing PC, cobalah untuk menyentuh bagian yang tidak konduktif, seperti bagian plastik atau karet, daripada logam.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi risiko kejutan statis saat menyentuh casing PC. Selain itu, selalu penting untuk mematikan PC Anda sebelum melakukan perawatan atau perubahan perangkat keras untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh listrik statis.

Suara Berisik Pada Komputer dan Penyebabnya

Saat casing PC mengalami suara nyetrum atau berdengung, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab umumnya:

  1. Pendinginan yang Buruk: Overheating dapat menyebabkan komponen dalam casing bergetar atau berdengung. Pastikan sistem pendinginan (kipas CPU, kipas PSU, kipas GPU, dll.) berfungsi dengan baik dan tidak terhalang oleh debu atau kotoran.
  2. Kipas yang Rusak: Jika salah satu kipas di dalam casing rusak atau mulai aus, mereka bisa menghasilkan suara yang aneh. Coba matikan satu kipas secara berurutan untuk menentukan mana yang menyebabkan masalah.
  3. Kabel yang Terlilit: Kabel yang berantakan dan terlilit di sekitar komponen atau kipas bisa menghasilkan suara yang tidak diinginkan. Pastikan semua kabel terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu aliran udara atau berinteraksi dengan komponen lainnya.
  4. Komponen yang Longgar: Komponen seperti kartu grafis, RAM, atau drive keras yang tidak terpasang dengan baik dapat menghasilkan suara nyetrum. Pastikan semua komponen terpasang dengan aman dan sesuai.
  5. Sumber Daya yang Tidak Stabil: Ketidakstabilan dalam pasokan daya dari PSU (Power Supply Unit) bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk suara nyetrum. Pastikan daya yang diberikan PSU cukup dan stabil.
  6. Debu dan Kotoran: Akumulasi debu di dalam casing dapat menyebabkan komponen bergetar atau bekerja lebih keras untuk menjaga suhu yang optimal. Bersihkan casing secara teratur untuk menghindari masalah ini.
  7. Komponen yang Rusak: Jika suara nyetrum tidak dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas, mungkin ada komponen dalam casing yang rusak, seperti kipas yang bermasalah, bearing yang aus, atau komponen lain yang perlu diganti.

Untuk mengidentifikasi penyebab pasti suara nyetrum dalam casing PC Anda, Anda mungkin perlu membuka casing dan melakukan pengamatan langsung. Pastikan untuk mematikan PC dan memutuskan daya sebelum membuka casing untuk menghindari risiko cedera dan kerusakan lebih lanjut. Jika Anda tidak yakin bagaimana menangani masalah ini, lebih baik berkonsultasi dengan seorang profesional komputer.