Menu

Penyebab dan Cara Mengatasi Power Amplifier Loyo, Ngedrop, Bunyi Dengung

Mengatasi power ampli ngedrop memang penting diketahui karena tidak jarang terjadi kasus power bunyi dengung dikarenakan ngedrop dan kurang tenaga.

Penyebab power ampifier loyo kurang daya adalah karena adanya masalah serius pada rangkaian tr final atau malah dari psu nya.

Dampak Power Ngedrop

Terjadinya power ampli ngedrop atau kurang tenaga biasanya dikarenakan beban speaker belebihan, dan juga kurangnya kecocokan antara blok psu dengan final.

Ini menjadikan kinerja power kurang maksimal, saat digunakan di lapangan tidak jarang malah loyo tidak ada tenaganya dari segi bass dan treble, serta suaranya secara keseluruhan.

Bukan tidak mungkin, jika dibiarkan ini akan berdampak pada kurangnya hasil suara secara keseluruhan, yang pada akhirnya dapat merugikan Anda sendiri karena berdampak pada kualitas sound system yang menurun.

Sumber Kerusakan

Adapun menemukan penyebab power amplifier kurang tenaga, loyo dan tidak maksimal dapat diketahui dengan mencari sumber masalahnya.

Berikut ini beberapa penyebab umum power loyo:

  • PSU tidak memadai, power supply yang tidak sesuai dengan spek power ampli akan menyebabkan kinerja ampli tidak maksimal, bahkan loyo saat digeber pada volume tinggi
  • Ada komponen yang rusak, kerusakan komponen kadangkala tidak melulu menyebabkan power mati atau tidak bekerja. Ketika ada komponen setengah bocor atau pergeseran nilai, ini berdampak pada kualitas suara yang tidak maksimal
  • Spek amplifier dengan speaker tidak sesuai, kecocokan antara watt power ampli dan speaker sangat penting. Saat watt speaker terlalu besar, maka mengakibatkan ampli tidak dapat mengangkat maksimal dan loyo, suara jadi kurang bertenaga

Dengung Pada Power Amplifier

Kadangkala saat power kekurangan daya atau kurang tenaga dapat berdampak pada suara dan bukan hanya loyo, namun masalah lain bisa saja muncul.

Misalnya timbulnya dengung yang mengganggu, noise atau suara yang terlalu menuruk san serak.

Ini mengindikasikan kalau power kurang tenaga, bisa saja trafo yang ampere nya kurang, atau besaran tegangan dari power supply kurang besar nilainya.

Ketika hendak menaikkan spek power supply, sebaiknya ditinjau kembali hitung-hitungan kecokan dengan ampli nya, karena kalau kelebihan supply bisa menyebabkan power jebol hingga kerusakan pada speaker.

Selengkapnya mengenai dengung sudah pernah dibahas dalam ulasan terdahulu, silakan simak artikel pada tautan dibawah ini:

  1. Penyebab Power Amplifier Dengung
  2. Rangkaian Driver Power Sub Low Khusus Lapangan