Menu

Penyebab Radio FM kurang peka dan Tips Sinyal FM Tuner Lebih Jernih

Hobi rakit merakit elektronika kian asik saat kita menemukan kesukaan pada suatu hal misalnya saat kita gemar merakit pesawat penerima radio fm tuner yang menggunakan komponen pilihan sendiri. Namun alangkah tidak lega saat mendapati siaran radio fm tidak peka atau kurang sensitif, lantas apa penyebab redio FM kurang peka menangkap siaran dari pemancar?

Berikut ini kami berikan tips-tips bagi Anda yang gemar utak atik hobi radio fm ini, dengan harapan dapat saling berbagi pengalaman sehingga menemukan yang paling sesuai dan enak untuk didengarkan apakah dengan siaran radio fm jernih dan peka, tentu akan sangat menyenangkan.

Cara Agar Radio FM Peka Menangkap Siaran

Adapun kiat menambah sensitifitas radio khususnya pada penerima fm tuner, maka kita perlu melakukan beberapa ubahan yang nantinya akan berkontribusi dalam membantu mendapatkan siaran radio yang peka dan jernih, ini akan memakan banyak langkah yang patut dipahami.

Namun lebih baik kalau kita menggunakan insting dan ide masing-masing karena praktek di lapangan pasti berbeda bergantung pada pengalaman masing-masing orang.

Tidak ada salahnya juga untuk berbagi apa yang pernah kami lakukan dalam mengatur kepekaan sinyal penerima pada radio fm tuner, yang hasilnya cukup memuaskan.

  1. Mengatur ulang sistem wiring pada area tuner fm. Ini penting dilakukan, karena pengaruh kabel-kabel internal yang saling terhubung pada bagian tuner fm sangat penting untuk menambah sensitifitas penangkapan sinyal. Anda dapat mengganti masing-masing kabel tersebut dengan kualitas yang lebih baik, dan menata ulang sehingga lebih rapi dan tidak tumpang tindih.
  2. Mengetrim/ adjust masing-masing lilitan atau coil pada area tuner fm. Ini akan menggeser frekuensi fm yang diterima, entah itu naik atau turun. Namun harus dipastikan posisi yang paling baik dan peka antara rentang frekuensi fm bawah sampai paling atas.
  3. Mengatur ulang kerapatan/renggang coil pada area tuner. Dengan nerapatkan atau merenggangkan coil pada area tuner fm akan berdampak pada penerimaan sinyal yang lebih baik, coba carilah yang penerimaan paling jernih dan nimim distorsi.
  4. Memastikan power supply tegangan ke tuner fm bersih dan stabil. Ini yang dimaksud adalah bersih bebas noise dan pasokan tegangan cukup stabil sehingga radio fm dapat bekerja maksimal.

Menikmasi Hasil Eksperimen

Ketika kita berhasil mengatur ulang frekuensi radio fm sehingga menghasilkan siaran yang peka dan jernih, tentu banyak manfaat yang dapat dirasakan.

Salah satunya yang dapat kita nikmati adalah hasil siaran yang jernih sehingga saat dihubungkan dengan power amplifier maka hasil audio yang dikuatkan juga jernih bebas noise.

Ini akan memberikan hasil yang memuaskan terutama untuk Anda yang hobi utak atik audio termasuk perangkat amplifier dengan kualitas suara yang baik.