Menu

Skema Charger 5 Ampere 18 Volt untuk Power Supply Aki, Akumulator, Baterai Besar


Rangkaian charger aki mobil dengan ampere besar memungkinkan untuk melakukan pengisian baterai lebih cepat dari biasanya, dan untuk baterai dengan kapasitas besar seperti akumulator sangat cocok menggunakan power supply dengan daya atau watt lebih besar.


Salah satu rangkaian yang sampai sekarang masih banyak digunakan adalah power supply 5 ampere yang menggunakan trafo 5 A dengan konfigurasi dioda 10 ampere, sehingga memungkinkan untuk pengisian tegangan dc lebih cepat.



Kebutuhan ampere besar


Untuk mengisi aki motor atau mobil diperlukan charger dengan output ampere besar, ini agar proses pengisian dapat maksimal mengingay jenis aki seperti ini mempunyai kapasitas yang besar sehingga power supply berdaya kecil saja tidak akan cukup.


Selain itu, dengan adanya pengisian menggunalan power supply yang mumpuni akan mempercepat proses pengisian, mengingat kita harus memenuhi kebutuhan tegangan dan ampere dengan maksimal.



Besaran tegangan outuput yang mencukupi


Ketika kita hendak mengisi baterai dengan besaran 12 volt maka setidaknya diperlukan tegangan power supply 15-18 volt dc untuk menghasilkan pengisian yang maksimal.


Hal ini bertujuan untuk memberikan tegangan pengisian yang lebih cepat., dan memenuhi tegangan minimal yang diperlukan oleh aki/ baterai tersebut.


Maka perlu dibuat power supply yanh memenuhi syarat, selain besarnya ampere juga besar tegangan patut diperhatikan.



Rangkaian charger yang cocok untuk aki


Melihat kebutuhan dari tegangan dan arus untuk pengisian aki seperti pada penjelasan diatas, maka kita dapat memilih jenis charger yang sesuai untuk digunakan.


Anda dapat menyimak pada gambar skema power supply 18 volt diatas, yang mana kita dapat membuatnya menjadi rangkaian charger siap pakai dengan spek yang mencukupi.


Kita dapat berkreasi sendiri membentuk dan membuat perangkat charger tersebut dengan merujuk pada skema yang telah dijabarkan seperti pada gambar diatas.