Menu

Skema Equalizer 31 Band untuk Ampli Lapangan, 20 Channel, 2×10 kanal stereo

Penggunaan rangkaian equalizer 31 band stereo untuk amplifier lapangan sangat penting, mengingat pengolahan audio pada perangkat dengan daya besar berbeda dengan ampli kecil pada umumnya.

Untuk mengakomodasi power ampli dengan watt besar, maka diperlukan pula skema equalizer 2×10 channel minimal, atau lebih banyak lebih baik misalnnya menggunakan graphic equalizer 31 band sehingga mampu mengolah audio dengan jernih dan bersih.

Equalizer Yang Cocok Untuk Ampli Lapangan

Equalizer yang cocok untuk ampli ocl atau amplifier dengan watt besar khususnya untuk penggunaan outdoor adalah rangkaian eq yang mampu menjangkau semua rentang frekuensi dan mampu mendukung daya output besar dari power ampli, sehingga kualitas audio yang dihasilkan akan tetap jernih dan jelas meskipun dikuatkan berkali kali atau dengan ampli daya besar sekalipun, tetap jernih tidak ada noise.

Berikut beberapa contoh jenis equalizer yang bagus untuk ampli daya besar:

  1. Equalizer grafis 2 x 10 channel, yakni stereo masing-masing 10 chanel kiri kanan, total 20 chanel
  2. Equalizer graphic 31 channel, ini memungkinkan untuk digunakan pada ampli 1000 watt ocl tanpa memberikan noise jika didukung dengan power supply yang bagus
  3. Equalizer parametrik 20 channel
  4. Tone control digital, digabung dengan graphic equalizeer 10 band

Contoh Skema Equalizer 20 Channel Yang Bagus Untuk Amplifier OCL

Sebenarnya terdapat banyak jenis rangkaian equalizer yang cocok untuk kegunaan ampli lapangan dengan daya besar, misalnya untuk acara hajatan, kondangan, dan konser.

Namun seringkali kita dibuat bingung seperti apa jenis skema eq tersebut, dan yang paling penting adalah memahami skema yang ada sehingga kita dapat melakukan modifikasi bahkan mampu merangkainya sendiri.

Ini akan jadi kepuasan batin jika dapat membuat sendiri rangkaian equalizer untuk lapangan yang nantinya diharapkan menghasilkan suara hifi stereo dengan kualitas nomor satu.

Adalah bagian dari rasa puas dalam hobi dapat merakit sendiri masing-masing blok mulai power supply, equalizer, sampai power amplifier. Bahkan untuk memilih merek speaker adalah bagian dari rasa penasaran yang membuat kita merasakan sensasi petualangan dalam merakit barang-barang audio.

Gambar diatas menunjukkan contoh skema equalizer yang dapat Anda buat sendiri, mampu menghasilkan suara yang jernih apalagi didukung dengan power supply unggulan, power ampli pilihan dan speaker ber-merk bagus.

Pemilihan masing-masing komponen pendukung amat penting dalam mencapai kualitas suara yang baik, misalnya penggunaan power supply yang berkualitas.

Pada skema diatas diperlukan power supply dengan tegangan +15 volt dc, dan -15 volt dc. Artinya kita perlu merangkai power supply dengan menggunakan trafo CT sehingga bisa menghasilkan tegangan dc 3 phase yang mempunyai kejernihan tinggi sehingga meminimalkan adanya dengung dan noise.

Demikianlah ulasan mengenai seluk beluk equalizer yang cocok untuk ampli dengan daya besar untuk kegunaan lapangan, semoga membantu.