Menu

Skema Power Ampli BTL TDA 2030 Untuk Audio Mobil, DLL

Rangkaian amplifier btl memberikan keuntungan bagi kita yang hendak memperoleh daya lebih besar dengan skema minimalis dan penggunaan tegangan yang terbatas, karena konfigurasi ampli btl tidak memerlukan banyak komponen yang rumit dan juga tidak memerlukan sumber tegangan yang besar.

Keunggulan BTL Amplifier

Skema power ampli btl dengan ic TDA 2030 akan menghasilkan power sebesar kisaran 20 watt namun dengan beberapa komponen tambahan dan dapat bekerja pada tegangan 12 volt dengan arus 3 ampere, ini mampu memberikan kualitas suara yang mumpuni untuk kegunaan dalam audio mobil, untuk sound system dalam ruangan, dan kegunaan menengah lainnya.

Kelebihan ampli btl adalah:

  • Rangkaian yang sederhana
  • Tidak memerlukan power supply khusus layaknya ocl atau otl
  • Mampu bekerja maksimal dengan sumber tegangan dari aki atau baterai
  • Menggunakan IC yang lebih bersih noise dan penguatan yang stabil
  • Harga relatif terjangkau

Komponen Utama

Untuk membuat amplifier btl yang sederhana dan bertenaga, kita memerlukan komponen utama IC TDA 2030, atau TDA 2005, ini adalah bagian utama pada power ampli yang akan dibuat sistem jembatan atau konfigurasi btl yang akan menghasilkan power atau daya dua kali lipat.

Pada dasarnya sistem btl adalah menyatukan channel kiri dan kanan menjadi satu power, maka dari itu wajar juga daya yang dihasilkan adalah dua kali lebih besar dari channel stereo seperti biasanya.

IC TDA 2030 adalah ic yang sangat cocok untuk konfigurasi btl, ini memerlukan sedikit komponen pendukung, dan dengan sumber tegangan 12 volt dc seperti akumulator, maka sangat cocok diterapkan untuk kegunaan audio mobil.

Skema Power BTL TDA 2030

Pada gambar diatas nampak rangkaian power ampli BTL menggunakan komponen 2 IC TDA 2030 yang dijadikan bridge atau sistem jembatan, ini akan menghasilkan daya lebih besar dari konfigurasi biasa.

Selain menggunakan IC TDA 2030, dapat pula digunakan IC TDA2003, TDA2005 dan IC sejenis.

Kami juga telah memberikan skema rangkaian power BTL dengan IC TDA 2005, silakan lihat disini: Skema Ampli TDA 2005

Pada penggunaan yang tepat, maka ampli dengan sistem btl mampu memberikan daya yang cukup baik sehingga menghasilkan suara jenih dan bertenaga.

Ini perlu diperhatikan penggunaan speaker yang tepat dengan tahanan 8 ohm dan biasanya menggunakan speaker antara 4-6 inch.

Maka hasil suara yang didapatkan akan maksimal dan memberikan kejernihan yang optimal. Penggunaannya akan sangat baik untuk kegunaan audio mobil dan sejenisnya.