Menu

Skema rangkaian pelindung listrik konslet untuk mencegah korsleting listrik

Cara mencegah korsleting listrik PLN dapat dilakukan dengan berbagai tips sehingga menghasilkan sistem instalasi yang memudahkan kita dalam bekerja. Hal paling unik dan berguna adalah dengan merangkai skema pelindung listrik konslet atau hubung singkat yang dapat menyebabkan berbagai perangkat dalam rumah ikut rusak, bahkan dalam beberapa kasus akan menyebabkan kebakaran apabila tidak segera dicegah.

Dalam skala kecil kita akan membahas hal ini yang dikhususkan bagi mereka yang sering menjajal atau melakukan pengecekan pada perangkat elektronika yang memiliki resiko kerusakan sehingga mengakibatkan MCB listrik turun atau listrik padam karena perangkat tersebut sudah rusak sehingga menyebabkan konslet.

Untuk mengantisipasi kejadian tidak di inginkan misalnya listrik turun atau mcb rusak karena sering njeglek, maka lebih baik kita memasang sendiri rangkaian pengaman pada instalasi listrik dimana kita sering melakukan pengetesan pada perangkat elektronika yang punya resiko korslet atau rusak, sehingga secara otomatis rangkaian yang kita buat akan memudahkan pekerjaan kita.

 

Skema pengaman listrik konslet

Kita dapat melihat dari gambar diatas dimana skema pengaman terjadinya konsleting listrik adalah nampak pada gambar tersebut. Perangkat sederhana tersebut dapat membantu memudahkan pekerjaan kita apabila kita bekerja pada resiko sering terjadi listrik turun karena konslet, maka alat ini akan memberikan kemudahan sehingga kita tidak perlu berulang kali menyalakan mcb listrik PLN.

Prinsip kerja rangkaian ini adalah ketika perangkat elektronika yang kita colokkan ke stop kontak mengalami gangguan misalnya rusak sehingga mengakibatkan listrik konslet, maka lampu akan menyala atau MCB akan terputus sehingga listrik PLN tidak akan terganggu.

Ini memudahkan kita saat bekerja mengecek alat alat yang rusak atau sesuatu yang mengharuskan kita berurusan dengan korsleting listrik, misalnya pada saat melakukan reparasi televisi, kulkas, atau perangkat rusak lainnya.

Cukup sederhana dan mudah, perangkat ini menggunakan prinsip dasar dari rangkaian listrik untuk memberikan kemudahan bagi kita melakukan pekerjaan tanpa takut listrik terganggu misalnya listrik padam dan mcb turun.

Anda juga dapat berkreasi sendiri misalnya membuat skema rangkaian ini pada sebuah box stop kontak sehingga lebih simpel dan dapat dibawa kemana mana dan pada akhirnya akan memberikan kemudahan bagi pekerjaan kita di lapangan.

Sekian dulu pembahasan kali ini, kita akan membuat bahasan yang lebih menarik lagi dimasa mendatang yang akan memberikan kemudahan dalam pekerjaan sehari-hari dan apa yang sering kita jumpai sehingga akhirnya akan memudahkan dalam penanganannya.

Jangan lupa simak juga artikel menarik lainnya yang selalu akan kami update untuk Anda yang mana akan memberikan beberapa kasus baru tiap hari sehingga kita selalu dapat berbagi informasi lebih jauh mengenai apa yang penting untuk dilakukan.