Menu

Tone Control Lengkap Yang Bagus untuk Ampli Lapangan, Power BTL, SOCL

Menemukan kecocokan antara perangkat mixer, tone control dan power amplifier adalah kepuasan tersendiri dalam hobi audio, dalam hal ini akan menarik untuk mencari tone control lengkap yang mencakup semua rentang frekuensi dengan baik, mulai dari nada bass yang empuk, mid yang bening bertenaga, serta treble yang renyah dan bersih.

Meskipun banyak pilihan tone control yang tersedia di pasaran, namun menemukan apa yang cocok untuk kebutuhan kita serta power ampli yang kita miliki akan jadi tantangan tersendiri sehingga semua perlu percobaan dan eksperimen.

Tone Control Yang Cocok Untuk Power Lapangan

Diantara yang paling penting dari mencari tone control yang ideal adalah disesuaikan dengan keperluan kita, dan dengan perangkat pendukung yang kita miliki sehingga dapat bekerja optimal.

Berikut ini beberapa contoh kriteria tone control yang baik untuk ampli power besar dan kegunaan lapangan:

  1. Untuk ampli BTL atau SOCL lebih bagus pakai tone control dengan tegangan simetris karena sudah dirancang untuk menyesuaikan dengan daya besar
  2. Jika membelli tone control rakitan pabrik, maka pastikan semua komponen memenuhi standar dari segi kualitas, meskipun harganya lebih mahal
  3. Lebih baik memilih tone control dengan IC sebagai komponen utama, karena lebih stabil dari segi pengolahan frekuensi yang dihasilkan, dan jika terjadi kerusakan akan mudah memperbaikinya
  4. Pilihan pengatur frekuensi lengkap,. baik itu mid, high, low, syukur kalau ada pengaturan sub low nya

Skema Tone Control Lapangan Untuk Amplifier BTL atau SOCL

Dibawah ini adalah salah satu contoh skema rangkaian tone control yang bagus untuk kegunaan lapangan seperti mendukung ampli daya besar, misalnya socl 506, atau power besar lainnya.

Kita tinggal menyesuaikan dengan keperluan, dimana kebutuhan daya disesuaikan dengan tone control dan yang paling penting sumber tegangan harus dipisah agar tidak timbul noise dan dapat stabil sehingga menghasilkan suara yang bagus pula.

Kesimpulan

Dari eksperimen yang kita lakukan maka akan bisa menemukan jenis tone control yang sesuai dengan keperluan, dan yang cocok untuk perangkat yang kita miliki.

Jika dirasa masih kurang, maka kita dapat melakukan upgrade satu persatu pada masing masing tahap sehingga menghasilkan suara yang bagus dan enak di dengar.

Maka menemukan apa yang cocok untuk kita akan memberikan keuntungan dan kemudahan dalam melakukan penggantian dan pengaturan suara sesuai selera.