Menu

Fungsi ntc pada power supply tv

Tentu kita sudah sering menjumpai komponen yang satu ini, adalah thermistor dengan bentuk yang khas. Sehingga dalam artikel ini akan kita bahas lebih jauh mengenai apa fungsi ntc pada power supply khususnya yang banyak kita jumpai misalnya pada monitor, komputer pc, dan juga fungsi ntc pada televisi. Pada tv memang sering terdapat ntc yang rusak entah itu retak, terbakar atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini membuat kita bertanya-tanya sebenarnya apa yang membuat thermistor rusak sehingga perlu diganti?

 

Pengertian NTC

Salah satu komponen penting yang terdapat pada perangkat elektronika adalah thermistor, dan thermistor terbagi menjadi dua jenis yakni ptc dan ntc. Lantas apa maksud dari hal ini, mari kita cari tahu lebih jauh.

NTC adalah singkatan dari Negative Temperature Coefisien, jadi dalam hal ini dapat kita ketahui bahwa ntc adalah jenis thermistor dengan koefisien negatif. Sehingga fungsi dan penggunaannya juga disesuaikan dengan apa yang sudah menjadi karakteristiknya.

Lebih lengkap mengenai thermistor dan penjelasannya dapat kita baca pada tulisan sebelumnya, silakan simak disini: Cara membaca kode thermistor serta mengukur lengkap

 

Fungsi NTC dan penjelasannya

Lebih jauh membahas tentang thermistor koefisien negatif ini sangat menarik, karena kita akan menemukan keunikan dari sifat-sifat ntc ini terutama kaitannya dengan fungsinya dalam rangkaian elektronika.

Menyikapi hal ini lebih jauh tentu kita harus mengetahui seperti apa cara kerja ntc dan ptc yang pada akhirnya akan menemukan satu kesimpulan mengenai fungsi thermistor ntc pada power supply, sehingga ada kejelasan dalam menentukan akan seperti apa kita menemukan hal baru dalam kehidupan ini termasuk bagaimana seluk beluk tiap komponen tersebut, sehingga ada titik terang dalam menyimpulkan sesuatu yang baru yang akhirnya akan dapat kita temui dengan seksama.

Secara umum berikut kegunaan ntc pada power supply:

  1. Sebagai pembatas arus puncak saat start, atau membatasi lonjakan arus saat rangkaian dinyalakan
  2. Sebagai pengukur temperatur

Sebuah thermistor koefisien negatif yang dipasang seri dengan saklar, induktor dan beban rangkaian maka akan dapat digunakan sebagai pembatas arus puncak atau ketika ada kelebihan arus, sehingga tidak merusak rangkaian lain dan komponennya. Dalam hal ini ntc akan rusak ketika ada lonjakan arus yang tidak normal, sehingga komponen lain dan rangkaian akan tetap aman karena sambungan akan terputus.

Tentu kita pernah menemukan kerusakan pada televisi bagian power supply, dengan komponen ntc yang terbakar atau retak. Ini disebabkan adanya tegangan yang terlalu tinggi atau lonjakan arus, sehingga menyebabkan ntc tersebut putus. Jadi ntc dapat difungsikan seperti fuse, akan memutus rangkaian ketika ada arus yang tidak normal sehingga komponen lain tidak mengalami kerusakan.

Sedangkan pada penerapan lainnya, ntc seringkali digunakan untuk mengukur temperatur, sehingga dapat difungsikan sebagai sensor atau penentu ketika rangkaian lain akan bekerja pada temperatur yang sudah ditentukan. Hal ini memerlukan komponen lain sebagai pendukungnya sehingga ntc dapat bekerja dengan baik.