Menu

Skema rangkaian password digital (saklar kode sandi elektronik)

Sedikit mengulas kembali mengenai contoh rangkaian password digital untuk saklar pintu atau brankas, mungkin berguna mengetahui skema saklar elektronik menggunakan password atau kode keamanan ini mengingat semakin canggihnya teknologi sekarang ini memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak mungkin diciptakan.

Salah satunya adalah rangkaian saklar dengan kode sandi digital ini karena sangat menarik untuk dibahas, membuat kita memiliki kreasi baru menggunakan sirkuit sederhana yang memanfaatkan 1 buah IC logika untuk  membuat saklar password digital yang menggunakan kombinasi angka-angka untuk membuka kuncinya. Kalau kita lupa akan sandi tersebut, maka saklar tidak akan bisa dibuka meskipun dengan berbagai cara.

 

Skema saklar digital menggunakan password

Berikut ini adalah salah satu contoh rangkaian password digital yang diwujudkan dalam bentuk saklar, memungkinkan kita untuk membuat kombinasi yang bagus antara beberapa angka untuk menciptakan password sendiri.

Kombinasi dari password tersebut dapat diganti sesuka hati dan tanpa batasan, sehingga ketika kita sudah ingin mengganti passwordnya maka tidak perlu ragu lagi sehingga diperoleh kombinasi yang baru.

Rangkaian saklar digital dengan password inipun terbilang cukup sederhana, hanya menggunakan gabungan dari rangkaian yang mudah dimengerti, membuat kita semakin tahu bagaimana membentuk saklar dengan kombinasi kode sandi yang paling sesuai, yang ujungnya dapat digunakan sebagai kunci digital dengan kata sandi yang kita atur sendiri.

Komponen-komponen dari rangkaian saklar dengan kata sandi tersebut diantaranya adalah satu buah IC LM4017, dengan beberapa tombol untuk memasukkan angka sandi yang terhubung dengan kaki atau pin IC tersebut. Selanjutnya rangkaian tersebut akan digabungkan dengan beberapa dioda dan satu buah transistor, dan pada akhirnya akan tersambung dengan relay berfungsi sebagai saklar elektronik yang akan mengubah kerja digital merubahnya menjadi analog yang pada akhirnya akan mengatur saklar pada kondisi ON dan OFF.

 

Manfaat rangkaian saklar digital dengan password dalam kehidupan sehari-hari

Menilik kembali beberapa manfaat saklar digital yang dapat difungsikan sebagai pengatur kata sandi memang memungkinkan kita untuk mengaplikasikan pada beberapa perangkat elektronik  yang tergabung dalam kondisi yang lebih baik pada akhirnya.

Kita dapat memaklumi dengan  seksama, apa dan bagaimana seharusnya menyikapi keadaan tersebut dengan seksama, sehingga memungkinkan kita membuat sendiri rangkaian tersebut dengan baik. Yang akhirnya akan dapat berfungsi dengan baik sehingga kita dapat melihat kembali lebih jauh bagaimana dan apa yang harus dilakukan dengan lebih baik sehingga segalanya dapat tercipta dengan seksama dalam menunjang keperluan sehari-hari kita.

 

Kesimpulan akhir

Mungkin memang sudah sangat banyak  yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari kaitannya dengan apa yang patut dilakukan, dengan memanfaatkan apa yang ada akan membuat kita merasa lebih baik lagi yang akhirnya akan berdampak pada kemudahan dalam pengoperasian setiap perangkat yang kita temukan dalam kehidupan sehari hari.