Menu

Jenis Tweeter Yang Bagus Untuk Sound System, Mobil, Rumahan

Memilih jenis tweeter yang bagus untuk sound system kendaraan atau penggunaan di lapangan memang memerlukan kecermatan tersendiri, karena beberapa macam tweeter yang cocok untuk mobil memberikan kesan tersendiri dari segi suara yang dihasilkan apalagi kalau dipadukan dengan amplifier yang cocok dan woofer yang bagus, maka akan menghasilkan perpaduan paling pas untuk didengarkan.

Meskipun terdapat berbagai merk tweeter yang bagus untuk amplifier kecil dengan harga murah namun kalau hanya mengandalkan keinginan kuat untuk mencari twitter yang cocok untuk kegunaan sendiri rasanya tidak akan puas, perlu penyelidikan sendiri untuk membedakan karakteristik tweeter yang digunakan terutama mencari kecocokan dengan speaker subwoofer dan midrange yang dipakai sehingga apa yang sudah dianggarkan untuk keperluan tersebut tidak sia-sia.

Dari apa yang kita ketahui mungkin sudah sering melihat bermacam merek tweeter yang ternama di pasaran, untuk menentukan apakah tweeter tersebut cocok dengan woofer yang kita miliki maka perlu melakukan percobaan sendiri, akan lebih baik kalau dapat menemukan keserasian dengan power amplifier yang dipakai sehingga menghasilkan yang maksimal dan jernih untuk didengarkan.

 

Pendahuluan

Terdapat bermacam bentuk tweeter serta konstruksi yang dapat ditemukan di pasaran, dari berbagai jenis tersebut tentu kita mengharapkan yang terbaik dan patut digunakan. Sehingga akan menghasilkan suara yang sesuai dengan  harapan, dan akhirnya dapat digunakan sebagaimana mestinya dengan peralatan lainnya.

Bentuk dan ukuran tweeter yang ada dapat memberikan pilihan untuk apa akan kita gunakan, misalnya tweeter dengan watt besar dan bentuk besar dapat dipasangkan dengan spaeker sound system untuk kegunaan di lapangan, konser, pertunjukan, atau hajatan.

Sedangkan tweeter dengan ukuran lebih kecil akan sesuai digunakan untuk rumahan, sound sistem mobil, dan keperluan lain yang tidak memerlukan daya besar namun cukup jernih dipakai. Inilah yang patut dimengerti sehingga menemukan kecocokan antara woofer, midrange, dan tweeter yang akhirnya akan menghasilkan suara seimbang dan sedap didengar.

 

Jenis-jenis tweeter

Berdasarkan cara kerjanya, tweeter dibedakan menjadi beberapa jenis. Dalam hal ini terdapat perbedaan material yang digunakan dan bagaimana sistem kerja tweeter tersebut sehingga dapat menghasilkan suara, yang mana dalam jenis tertentu akan memberikan efek suara berbeda dengan jenis lainnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga kita dapat menyesuaikan pilihan untuk penggunaan yang akan memberikan hasil lebih efektif.

Tiap jenis tweeter akan memiliki sistem dalaman yang berbeda pula, dan menghasilkan suara yang tidak sama sehingga kita dapat mengamati lebih jauh bagaimana twiter tersebut bekerja, dan apakah sesuai digunakan untuk keperluan yang akan kita pakai sendiri atau tidak. Ini memberikan gambaran menarik sehingga dapat memutuskan untuk memilih seperti apa tweeter yang dipakai yang akhirnya memberikan kesan bagus.

 

Tweeter magnet

Jenis tweeter ini menggunakan konstruksi layaknya speaker woofer pada umumnya, menggunanakn magnet dengan inti besi dan coil sebagai komponennya. Magnet akan dikelilingi oleh coil yang terhubung dengan membran, sehingga menghasilkan bunyi pada frekuensi tinggi yang lebih dominan.

Tweeter jenis ini termasuk yang paling lama digunakan dengan menggunakan prinsip kerja layaknya loudspeaker pada umumnya, dan akan dapat dijumpai dalam bermacam ukuran sesuai dengan penggunaannya.

Namun kelebihan dari jenis ini adalah apabila terjadi kerusakan dapat diperbaiki dengan mudah, karena konstruksi yang dapat dibongkar dan pasang ulang, misalnya pada spul dan membran yang rusak maka kita dapat menggantinya asalkan menemukan ukuran yang sesuai.

Juga, tweeter magnet menghasilkan suara yang lembut dan tidak menusuk, suar treble yang adem dan cocok digunakan untuk mereka yang menyukai kualitas suara yang tebal, kuat, dan berkatakter.

 

Tweeter crystal

Tweeter cristal ini baru-baru ini dikembangkan secara masif, sehingga lebih banyak dijumpai beragam bentuk dan ukuran di pasaran. Ini memang menguntungkan mengingat harga yang relatif murah dibandingkan tweeter magnet, dan suara yang dihasilkan juga sangat bagus.

Tweeter kristal memiliki ciri khusus bobot yang ringan, karena terbuat dari lempengan cristal yang terhubung dengan kutub-kutub kabel untuk selanjutnya bergetar dan menghasilkan suara. Jenis tweeter ini sangat ringan, terbuat dari cristal dan plastik sebagai komponen pendukungnya, sehingga relatif terjangkau dari segi harga.

 

Terdapat berbagai ukuran dan bentuk tweeter cristal di pasaran, dengan harga yang bermacam pula sesuai peruntukannya. Tweeter cristal mampu memproduksi frekuensi tinggi yang amat baik, sehingga kalau dipasangkan dengan amplifier yang cocok akan menghasilkan nada treble yang jernih dan bagus.

 

Perlu diketahui

Dalam perkembangannya, terdapat jenis lain dari tweeter misalnya jenis planar, elektrostatic, pita, horn, dll namun kurang banyak digunakan karena biaya yang tidak murah.

Memilih tweeter yang cocok untuk kegunaan sehari-hari:

  1. Untuk sound system atau lapangan: Pilihlah tweeter yang memiliki konstruksi kuat, watt atau daya besar, dan bentuk besar. Ini disesuaikan dengan ukuran wooer yang lumayan besar dan amplifier dengan watt besar. Kalau perlu akan baik dipasang crossover sebagai pengaman
  2. Untuk rumahan dan mobil: Memilih tweeter yang kecil dan watt sedang sangat bagus. Dengan  pertimbangan agar menghasilkan yang tidak terlalu besar namun dengan nada jernih dan enak di dengar. Tweeter cristal sangat bagus untuk digunakan, khususnya untuk audio mobil.