Menu

Rangkaian Catu Daya Phantom Dari Baterai

Rangkaian Catu Daya Phantom Dari Baterai – Mikrofon (pengarah) profesional sering membutuhkan pasokan hantu 48 V.  Pasokan ini diumpankan melalui jalur sinyal mikrofon dan harus memiliki kualitas tinggi. Sebuah pasokan portabel dapat dibuat dengan 32 baterai sel AA secara seri, tapi itu tidak sangat user friendly. Rangkaian Catu Daya Phantom Dari Baterai ini hanya memerlukan empat baterai sel AA (atau lima rechargeable 1.2 sel V).

Prinsip Kerja Rangkaian Catu Daya Phantom

Kami memutuskan untuk menggunakan konverter push-pull standar yang mudah dikemudikan dan yang memiliki tegangan output diprediksi. Keuntungan lain adalah bahwa ada mekanisme umpan balik yang kompleks yang  diperlukan. Untuk desain rangkaian kita mulai dengan asumsi bahwa kita memiliki satu set segar baterai.

Di bawah ini kami sajikan gambar Skema Rangkaian Catu Daya Phantom untuk bahan pengetahuan dan pembelajaran Anda.

Kami kemudian menginduksikan tegangan di gulungan sekunder yang sedikit lebih tinggi daripada yang kita butuhkan, sehingga kita masih akan memiliki tegangan yang cukup tinggi untuk mendorong regulator tegangan linier bila tegangan baterai mulai drop (lihat rangkaian pada Gambar 1 ). T1 dan  T2 dihidupkan dan dimatikan oleh multivibrator astabil.

Kami telah menggunakan  multivibrator 4047 berdaya rendah untuk ini, yang telah dikonfigurasi untuk menjalankan dalam mode bebas berjalan astabil. Output komplementer menjamin tugassiklus 50%, sehingga mencegah arus DC mengalir melalui trafo. Inti dinyatakan bisa menjadi jenuh, yang menghasilkan sirkuit pendek antara 6V dan tanah.

Ini bisa berakibat fatal bagi FET. Osilator diatur oleh R1/C1 untuk dijalankan pada frekuensi sekitar 80 kHz. R2/R3 dan D1/D2 membuat T1 dan T2 bekerja sejurus kemudian dan mematikan sedikit lebih cepat, menjamin waktu mati dan menghindari situasi arus pendek. Kami mengukur pada hambatan dari BS170 dan menemukan itu hanya 0,5 Ω, yang tidak buruk untuk jenis FET.

Anda tentu saja dapat menggunakan FET lainnya, asalkan mereka memiliki perlawanan rendah. Untuk transformator kami menggunakan inti toroida agak lebih besar dengan faktor AL tinggi. Hal ini tidak hanya mengurangi kebocoran induktansi, tetapi juga menyimpan jumlah gulungan kecil. Pilihan terakhir kami adalah TX25/15/10-3E5 dibuat oleh Ferroxcube, yang memiliki dimensi sekitar 25 x 10 mm.

Jika Anda memastikan bahwa hubungan pendek tidak dapat terjadi, melalui penggunaan resistor biasa 6k81 di garis sinyal, maka arus yang ditarik per mikrofon tidak akan melebihi 14 mA dan Anda masih dapat menggunakan LM317 biasa. D7 dan D8 melindungi LM317 dari hubungan pendek pada input. Hampir tidak ada riak untuk berbicara. Noise yang tersisa terletak di atas 160 kHz, dan ini tidak akan menjadi masalah di sebagian besar aplikasi.

Rangkaian Catu Daya Phantom Dari Baterai ini dapat memberikan arus yang cukup untuk kekuatan tiga mikrofon pada saat yang sama (walaupun itu mungkin tergantung pada jenis yang digunakan). Ketika tegangan input turun menjadi 5,1 V konsumsi arus sekitar 270mA. Tegangan referensi terkadang menyimpang sedikit dari nilai yang benar. Dalam hal ini Anda harus menyesuaikan R4 untuk membuat tegangan output sebesar 48V. Persamaan untuk ini adalah: R4 = (48Vref) / (Vref / R5 50 μA). Untuk meminimalkan gangguan (ingat bahwa kita sedang berhadapan dengan pasokan switched-mode) Rangkaian Catu Daya Phantom Dari baterai ini harus bertempat di sebuah kandang logam dibumikan.