Menu

15 Penyebab Headset Bluetooth Tersambung Tapi Tidak Ada Suara di Handphone atau Laptop

Penggunaan HF Bluetooth

Teruskan membaca disini jika Anda mencari penyebab headset bluetooth tersambung tapi tidak ada suara di HP atau laptop, karena akan kami jelaskan lengkap apa saja kerusakan yang sering terjadi terkait masalah ini.

Kemudahan dalam operasi dan musik menggunakan hf bluetooth memang semakin meningkat, berbagai merk dan kualitas suara beredar di pasaran sehingga kita jadi punya banyak pilihan sebelum membeli.

Namun perlu di ingat pula jika alat tersebut rusak, maka harus ada cover garansi, dan kalau memang garansi habis atau kita hendak mencoba memperbaikinya sendiri maka kita harus siap berkreasi menemukan sumber masalah yang menyebabkan kerusakan tersebut.

Kerusakan Umum

Umumnya kerusakan masalah sambungan bluetooth pada headset adalah karena adannya malfungsi dari salah satu perangkat yang kita gunakan.

Bisa pada perangkat headset yang bermasalah, atau malah pada HP itu sendiri yang tidak mendukung koneksi bluetooth dengan lancar.

Beberapa hal umum yang sering bermasalah:

  • Masalah penghalang koneksi, bisa saja karena ada penghalang atau faktor lain
  • Masalah baterai, entah itu hf bluetooth nya atau malah HP nya
  • Masalah driver yang outdate, bisa dari perangkat keduanya
  • Masalah kerusakan hardware
  • Perangkat yang kurang mendukung satu sama lain

Baca Juga: 8 Penyebab Tombol Speaker Bluetooth Tidak Berfungsi

Penjelasan Lengkap Sebab Malah sambungan Headset Bluetooth

Jika headset Bluetooth Anda terhubung ke handphone tetapi tidak ada suara yang keluar, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Periksa Volume: Pastikan volume pada handphone Anda dan pada headset Bluetooth Anda diatur dengan benar. Terkadang, volume bisa berkurang atau mati secara tidak sengaja.
  2. Periksa Sumber Audio: Pastikan bahwa sumber audio (misalnya, aplikasi musik atau panggilan telepon) pada handphone Anda diatur untuk mengirimkan suara ke headset Bluetooth, bukan ke speaker telepon.
  3. Putuskan dan Sambungkan Kembali: Coba putuskan koneksi Bluetooth antara headset dan handphone, lalu sambungkan kembali. Terkadang, koneksi bisa mengalami gangguan sementara.
  4. Reboot Handphone dan Headset: Coba reboot ulang handphone dan headset Bluetooth Anda. Ini bisa membantu mengatasi masalah sementara yang mungkin terjadi dalam sistem.
  5. Pastikan Headset Tidak Terhubung dengan Perangkat Lain: Jika headset Anda telah terhubung dengan perangkat lain (seperti laptop atau tablet), pastikan headset tersebut tidak sedang menghubung dengan perangkat lain yang mungkin mengganggu koneksi.
  6. Periksa Pengaturan Bluetooth: Periksa pengaturan Bluetooth pada handphone Anda. Pastikan bahwa headset Anda diizinkan untuk mengirim suara atau panggilan melalui koneksi Bluetooth.
  7. Periksa Kompatibilitas: Pastikan bahwa headset Bluetooth Anda kompatibel dengan handphone Anda. Beberapa perangkat mungkin memiliki masalah kompatibilitas yang menghalangi suara keluar.
  8. Periksa Baterai: Pastikan baterai headset Bluetooth Anda memiliki daya yang cukup. Kadang-kadang, jika baterai lemah, suara mungkin tidak keluar dengan benar.
  9. Lakukan Pembaruan: Periksa apakah ada pembaruan firmware atau perangkat lunak yang tersedia untuk headset Bluetooth Anda. Pembaruan ini bisa mengatasi masalah yang ditemukan dalam versi sebelumnya.
  10. Reset Pengaturan Bluetooth: Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda mungkin ingin mencoba mereset pengaturan Bluetooth pada handphone Anda dan melakukan penghubungan ulang dengan headset.

Akhir Kata

Kami memberikan beberapa solusi penanganan yang paling umum terjadi pada masalah perangkat hf bluetooth Anda seperti diatas berdasarkan kasus yang kerap terjadi.

Namun jika dirasa kurang lengkap atau masih saja ada kerusakan, ada baiknya Anda memanggil ahli kerusakan yang akan membantu Anda menangani masalah yang muncul.

Jika Anda sudah mencoba langkah-langkah di atas tetapi masih mengalami masalah, mungkin ada masalah teknis yang memerlukan bantuan dari layanan dukungan teknis atau pihak yang mengeluarkan headset Bluetooth tersebut.