Menu

2 Jenis Kalkulator Berdasarkan Fungsi Utamanya

Jenis  dan Fungsi Kalkulator

Jenis jenis kalkulator berdasarkan fungsinya dapat dibagi menjadi dua, yaitu kalkulator ilmiah dan kalkulator biasa. Macam macam kalkulator ini dapat dibedakan dengan melihat tampilan fisiknya, yaitu perbedaan yang mencolok pada jumlah tombol-tombol dari kedua jenis kalkulator tersebut.

Pada penggunaan umum kalkulator biasanya difungsikan untuk melakukan proses penghitungan yang melibatkan penjumlahan, perkalian, pembagian, maupun perhitungan lainnya yang sulit dilakukan secara manual.

Orang menggunakan kalkulator bukan hanya untuk menghitung secara sederhana saja, namun kadang dilakukan untuk perhitungan yang lebih kompleks. Untuk keperluan inilah kemudian kalkulator dikembangkan menjadi lebih lengkap dari segi satuan yang dapat digunakan. Maka dari itu muncul alat hitung ilmiah atau kalkulator dengan fungsi lebih banyak.

Pada kalkulator ilmiah jumlah tombolnya lebih banyak daripada kalkulator biasa, karena kalkulator ilmiah mempunyai fungsi-fungsi tambahan lain, seperti fungsi trigonometri misalnya. Sedangkan pada kalkulator biasa fungsi dan kegunaan tombolnya lebih diminimalkan, hal ini disesuaikan dengan kegunaannya yang sebatas sebagai alat penghitung sederhana.

 

Cara Membedakan

Cara lain untuk membedakan kedua jenis kalkulator ini adalah dengan melihat body kalkulator tersebut, pada kalkulator ilmiah terdapat tulisan scientific calculator pada bodynya, yang biasanya terletak dibawah merek kalkulator tersebut.

Dengan melihat papan tombol pada tiap kalkulator maka kita dapat mengenali kedua jenis alat hitung tersebut, karena angka dan fungsi yang tertera pada masing-masing papan tombol akan berbeda. Dalam perkembangan ilmu teknologi khususnya yang berkaitan dengan komputer dan internet baru-baru ini, alat hitung tersebut dapat ditemukan pada perangkat komputer maupun bisa diakses secara online via internet.

Juga, perkembangan kalkulator dapat dilihat pada perangkat smartphone yang biasanya dilengkapi pula dengan fungsi kalkulator sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan perhitungan secara cepat dimana saja.

 

Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan jaman semakin banyak variasi dari produk elektronika termasuk kalkulator yang hadir dalam berbagai tipe. Bahkan saat ini HP pintar sudah disematkan fungsi kalkulator lengkap di dalamnya, sehingga tidak heran kalau penggunaan kalkulator konvensional terbatas hanya untuk beberapa kalangan saja.

Namun demikian kalau ingin tahu lebih banyak mengenai benda ini tidak ada salahnya kita mempelajarinya, karena dalam beberapa keperluan masih sangat dibutuhkan satu jenis kalkulator saja yang memiliki fungsi lengkap sehingga mendukung pekerjaan yang memerlukan penghitungan setiap saat.