Menu

3 Skema Power Amplifier Built Up Terbaik Untuk Lapangan

Power amplifier built up menjadi idola karena terbukti lebih handal dalam hal kejernihan suara dan output yang dihasilkan, terutama untuk penggunaan di lapangan dan tempat-tempat terbuka. Ini disebabkan karena rangkaian amplifier built up sudah melalui tahap trial error yang matang sehingga ketika kita merangkainya maka tidak perlu banyak kendala yang dialami dan dapat langsung dapat dioptimalkan.

 

Kelebihan Power Built Up

Power amplifier built-up mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan rakitan dengan rancangan sendiri, terutama dari segi kematangan dalam merancang tiap bagian komponen menjadikan power buatan luar negeri atau pabrik terkenal jadi lebih matang dari segi kualitas. Namun bukan berarti skema power ampligier DIY adalah lemah, ada kelebihan masing-masing yang dapat diunggulkan.

Beberapa kelebihan yang kentara dari power build up:

  1. Tingkat efisiensi yang tinggi
  2. Rancangan skema lebih matang dari segi tahapan perencanaan
  3. Sudah teruji
  4. Sudah melalui banyak percobaan yang menghasilkan skema akhir paling bagus
  5. Mempunyai tingkat kualitas yang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, sehingga lebih yakin dalam merakit skema power built up

 

Power 400W RMS

Salah satu skema power built up handal yang hendak kita bagikan adalah power amplier dengan konfigurasi RMS dimana output yang dihasilkan mencapai 400 watt.

Rangkaian dari power 400 watt RMS ini cukup mudah dipahami, dengan penataan masing-masing komponen yang efisien sehingga sangat sedikit daya yang terbuang dan menghasilkan output terbaik dengan performa tidak mengecewakan.

Berikut ini adalah skema power RMS 400 watt.

 

Amplifier Transistor Bertingkat

Pada skema power built up yang kedua menghadirkan rangkaian power dengan daya besar yang dihasilkan oleh beberapa tingkat penguatan dari transistor power.

Anda dapat merancang seri dan kualitas dari masing-masing komponen transistor power yang digunakan, semakin baik merk maka akan menghasilkan power yang baik pula.

Dapat dilihat pada skema dibawah ini dimana masing-masing transistor NPN dan PNP dikonfigurasikan sebagai transistor final dengan beberapa tingkat penguatan.

 

Skema Power Buatan Australia

Perancang audio asal Australia membagian skema power amplifier daya tinggi yang dapat digunakan untuk kegunaan di lapangan dan hajatan, dengan skema yang mudah dipahami menghasilkan power besar dan tingkat kejernihan suara tidak kalah dengan merk-merk terkenal.

Pada gambar diatas tentu kita sudah tidak asing dengan tingkat penguatan yang dipasang menggunakan transistor final sebagai penguat akhir. Anda dapat memilih komponen terbaik untuk menghasilkan daya besar dan kualitas audio yang mumpuni.