Menu

Cara Memperbaiki Speaker Bluetooth Tidak Bisa Disambungkan Ke HP atau Laptop

Ada beberapa sebab speaker bluetooth tidak bisa disambungkan ke HP atau laptop padahal sudah bida terdeteksi, ternyata penyebab yang paling sering adalah karena kegagalan koneksi yang ditandai dengan ciri-ciri berikut ini.

Seperti yang sudah kita bahas dalam tulisan sebelumnya mengenai mengapa speaker bluetooth tidak mengeluarkan suara pada sudah terkoneksi dengan HP atau perangkat lain, kerusakan BT speaker tidak bisa tersambung ke device lain ini adalah karena faktor tertentu yang sebenarnya dapat perbaiki sendiri.

Tidak perlu mencari penyebab yang rumit untuk mencari sulusinya karena kita dapat memulai perbaikan dengan mengetahui beberapa penyebabnya seperti yang diulas dalam artikel dibawah ini.

Ciri Ciri Speaker Bluetooth Rusak Koneksi Putus

Mengetahui seperti apa tanda speaker bluetooth Anda mulai rusak amat penting sehingga dimasa mendatang akan mudah melakukan tindakan antisipasi atau persiapan jika sewaktu-waktu speaker tersebut mengalami kerusakan.

Amat mengganggu jika kita dalam keadaan memakai speaker BT lalu tiba-tiba koneksi putus-putus atau mati total.

Ini tentu akan mengganggu acara atau pekerjaan yang sedang dilakukan berkaitan dengan speaker bluetooth tersebut, sehingga perlu adanya pengetahuan untuk mencegah hal seperti itu terjadi.

Beberapa tanda koneksi speaker bluetooth yang mulai rusak diantaranya:

  1. Koneksi sering terputus sendiri
  2. Sangat sulit disambungkan dengan perangkat, baik itu HP atau komputer
  3. Kadangkala suara speaker tersendat atau mati sendiri
  4. Speaker tidak tahan lama baterainya
  5. Tidak dapat disambungkan baik ke perangkat HP atau perangkat lainnya

Memperbaiki Speaker Bluetooth yang Tidak Dapat Tersambung

Melakukan perbaikan speaker bluetooth sendiri dirumah dapat saja dilakukan jika kita memahami penyebab kerusakan yang membuat speaker gagal berfungsi.

Maka kita perlu mencari tahu lebih jauh mengenai sumber kerusakan sehingga mudah melakukan perbaikan sendiri.

Berikut beberapa poin yang sering dijumpai saat koneksi speaker bluetooth terganggu dan bagaimana mengatasinya sendiri:

  • Speaker BT tidak dapat tersambung sama sekali ke perangkat. Silakan periksa manual atau buku petunjuk yang disertakan bersama speaker bluetooth tersebut, dan perangkat apa saja yang kompatibel untuk dapat disambungkan.
  • Koneksi speaker blueototh putus sendiri dan sering putus nyambung. Periksa apakah ada penghalang antara speaker dan HP/laptop, misalnya tembok atau benda lain yang dapat menyebabkan koneksi terganggu.
  • Speaker sangat sulit nyambung ke HP atau komputer. Periksa apakah speaker sudah dihidupkan dengan benar dan cara penyambungan sudah sesuai.
  • Speaker BT putus sendiri dan mati saat digunakan. Periksa baterai apakah masih bagus.