Menu

Cara Memperbesar Arus Listrik Pada Trafo

Kondisi transformator yang memiliki arus keluaran kecil membuat kita berpikir bagaimana cara menambah besar arus pada trafo sehingga menghasilkan ampere yang mencukupi untuk keperluan sehari-hari daripada beli trafo baru.

Hal ini memang tidak mudah, namun kita dapat melakukan sesuatu dirumah yang memberikan efek cukup bagus untuk memenuhi keperluan dari arus listrik yang kurang ini, yakni dengan mengakali sendiri terutama kalau kita gemar melakukan utak atik seputar rangkaian elektronika, tentu akan memberikan hasil yang bagus pula.

Cara memperbesar arus listrik ini adalah hal yang sering saya lakukan apabila ingin menambah besarnya arus listrik pada suatu power supply atau transformator. Sebenarnya bukan mutlak arus listrik dapat bertambah besar dengan cara ini, karena mengenai rumus arus listrik saya juga sudah lupa-lupa ingat.

Tapi dengan sedikit trik maka hasil yang diperoleh cukup memuaskan, cara menambah besar arus listrik misalnya pada trafo adalah dengan memperbesar diameter kumparan/ kawat email dari trafo tersebut. Kalau kita perhatikan pada tiap trafo besarnya kawat email ini berbeda-beda.

 

Pengaruh besarnya diameter kawat email trafo

Semakin besar diameter suatu kawat pada trafo maka akan menghasilkan arus listrik yang lebih besar, yang saya maksudkan disini adalah pada kumparan sekunder dari trafo. Misalnya pada trafo 5 ampere dengan trafo 1 ampere, diameter dari kawat email yang digunakan pasti tidak sama.

Kalau sudah mengetahui hal ini tentu akan mudah menentukan seberapa besar kebutuhan arus pada rangkaian yang hendak kita catu menggunakan trafo tersebut, sehingga menentukan besarnya diameter lilitan trafo dapat memberikan dampak nyata pada hasil yang dicapai, sehingga memberikan tegangan output yang memiliki arus besar dan stabil.

Kadang suatu rangkaian elektronika memerlukan arus listrik yang lebih besar dengan tegangan tetap misalnya 12 volt. Disinilah kita dapat menerapkan trik ini. Tapi untuk melilit ulang suatu trafo harus teliti agar jumlah lilitannya tidak berubah.

Kalau jumlah lilitan berubah maka tegangan yang dihasilkan juga akan bertambah besar. Jadi dapat disimpulkan kalau untuk menambah besar arus listrik dapat dilakukan dengan menambah diameter kawat kumparan, sedangkan untuk memperbesar tegangan listrik adalah dengan menambah jumlah lilitan kawat kumparan. Demikianlah sedikit trik tentang cara memperbesar arus listrik.