Menu

Cara Pasang LED Kecil Strip Warna-Warni Ke Listrik AC, Motor, Dinding Rumah Tanpa Adaptor

Memasang lampu led warna warni langsung tanpa adaptor memerlukan alat tambahan yang memungkinkan kita merangkainya dengan aman, dan sekaligus awet untuk umur pemakaian led tersebut.

Cara pasang led strip ke dinding rumah sebagai lampu hias yang dapat menyala bergantian di malam hari membutuhkan teknik khusus sehingga memungkinkan lampu led tersebut menyala dengan baik dengan bantuan adaptor atau malah dipasang langsung ke listrik ac.

Lampu LED Berapa Ampere?

Mengetahui ampere lampu led penting untuk memastikan kebutuhan arus listrik sehingga aman dan tidak kelebihan arus yang menjadikan lampu tersebut berumur pendek.

Berikut beberapa gambaran mengenai kebutuhan arus untuk menyalakan lampu led dengan baik sehingga memperoleh pencahayaan yang terang dan maksimal.

  • Lampu LED biasa, satu biji memerlukan sekitar 200-500 mili ampere
  • Lampu LED strip yang memanjang dan biasa dipasang sebgai lampu hias memerlukan sekitar 2-3 ampere agar menyala optimal
  • Lampu LED untuk motor, memerlukan 1-3 ampere untuk menyala dengan baik

Dari gambaran diatas maka kita dapat mengetahui kebutuhan lampu led untuk menyala dengan baik sehingga perlu memastikan supply arus yang mencukupi untuk menyalakan led tersebut yang nantinya akan memberikan hasil maksimal.

Cara Pasang Lampu LED Strip Tanpa Adaptor

Biasanya Rangkaian LED strip memerlukan adaptor sebagai pengubah listrik (PLN) yang berarus bolak-balik (AC) ke listrik arus searah (DC).

Lampu LED strip yang dijual di pasaran dapat dipasang menggunakan adaptor khusus maupun dipasang langsung tanpa adaptor.

Untuk memasang lampu led strip tanpa adaptor maka kita membutuhkan komponen tambahan berupa resistor sebagai hambatan untuk menahan tegangan dan arus, fungsinya adalah menurunkan tegangan yang melewati led tersebut sehingga tetap aman meskipun disambungkan langsung ke listrik pln tanpa adaptor.

Perlu diperhatikan untuk memasang lampu led tanpa adaptor maka yang bisa dipakai adalah led dengan kebutuhan arus rendah, misalnya led dengan jumlah tidak terlalu banyak.

Untuk menyalakan led tanpa adaptor perlu ditambahkan resistor 100k – 150k ohm yang dipasang seri dengan led tersebut dan dihubungkan ke listrik.

Kekurangannya adalah lampu led akan nampak menyala berkedip atau ada flicker yang diakibatkan oleh tegangan ac yang tidak bersih atau tegangan bolak balik.

Memasang Lampu Led Dengan Adaptor

Anda dapat memasang lampu led strip dengan adaptor yang tersedia di pasaran maupun merakit adaptor sendiri sesuai kebutuhan.

Rangkaian LED strip memerlukan adaptor sebagai pengubah listrik (PLN) yang berarus bolak-balik (AC) ke listrik arus searah (DC).

Untuk led strip yang jumlahnya banyak, maka diperlukan adaptor sebesar 3 ampere 12 volt, Anda dapat membelinya di pasaran atau membuatnya sendiri menggunakan rangkaian power supply sesuai kebutuhan.

Cara Pasang LED di Motor

Jika Anda menginginkan pasang led pada motor, maka komponen yang diperlukan adalah resistor dan dioda sebagai penyearah dan penahan arus sehingga aman untuk led tersebut.

Resistor 100k dan dioda dipasang seri dengan lampu led dan disambungkan ke aki dari motor Anda.