Menu

Contoh Penerapan Sensor Cahaya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Sensor Cahaya

Sensor cahaya adalah perangkat elektronika yang mampu merubah besaran elektrik pada penampangnya ketika intensitas cahaya yang mengenainya berubah. Ini memungkinkan terjadinya perubahan besaran tahanan pada sensor tersebut, dan ketika disambungkan dengan perangkat pendukungnya maka akan mampu menjadi alat tersendiri yang dapat digunakan pada banyak keperluan dalam kehidupan sehari hari.

Komponen utama sensor cahaya adalah sebuah LDR dan beberapa komponen pendukung, yang kemudian bekerja karena di supply oleh power yang menghasilkan tegangan DC.

Bagian sensor kemudian dipasang sedemikian rupa sesuai kebutuhan, yang nantinya cahaya ditempat tersebut berubah-rubah dan dapat memicu perubahan besaran elektrik pada sensor, dan kemudian menyebabkan perangkat tersebut bekerja untuk menjalankan fungsi sebagai saklar elektronik yang mendeteksi perubahan intensitas penyinaran atau cahaya.

Fungsi sensor cahaya adalah untuk mendeteksi perubahan intensitas cahaya, dan selanjutnya digunakan untuk saklar elektronika atau memicu rangkaian lain untuk bekerja atau mati ketika terjadi perubahan intensitas cahaya.

Contoh Alat Yang Menggunakan Sensor Cahaya

Dalam kehidupan sehari hari kita dapat menjumpai peralatan yang bekerja memanfaatkan fungsi sensor cahaya, ini kerap dijumpai dalam kegunaan sehari hari tanpa kita sadari.

Perangkat sensor ditempatkan pada area yang hendak difungsikan untuk mendeteksi perubahan intensitas cahaya, misalnya di luar ruangan atau di taman.

Beberapa contoh penerapan sensor cahaya:

  1. Lampu penerangan jalan otomatis, ini menggunakan saklar elektronik yang memanfaatkan sensor cahaya. Ketika siang hari lampu akan mati, dan saat hari mulai gelap maka sensor akan mendeteksi dan menyalakan lampu secara otomatis.
  2. Lampu Taman, ini hampir sama dengan lampu penerangan jalan. Memanfaatkan fungsi sensor cahaya pada perangkatnya.
  3. Lampu penerima remote control televisi, memanfaatkan pancaran lampu infrared yang akan berfungsi menerima sinyal dari remote control.

Lebih Lanjut Tentang Sensor Cahaya

Demikian contoh penggunaan sensor cahaya pada kehidupan nyata , yang intinya perangkat sensor cahaya ini sekarang mulai dijual terpisah dalam bentuk kit jadi dan siap pakai.

Maka yang diperlukan adalah kita membeli kit tersebut dan kemudian merangkaianya bersama lampu jalan atau lampu tamana, dengan demikian akan menghemat biaya dan energi.

Namun jika Anda gemar membuat sendiri rangkaian sensor cahaya, kami sudah pernah membahasnya secara mendalam.

Silakan simak rangkaian sensor cahaya yang pernah kami bahas sebelumnya, lengkap dengan tutorial bagaimana membuat sendiri perangkat sensor tersebut.

Silakan baca disini: Skema Sensor Cahaya