Menu

Fungsi Elco Pada Power Supply Amplifier

Elco mempunyai peran penting dalam rangkaian elektronika, sebagai penyimpan arus dan memberikan stabilitas tegangan sehingga fungsi rangkaian secara menyeluruh dalam kondisi prima.

Fungsi Elco pada power supply amplifier adalah memberikan output tegangan yang stabil, bersih dari noise dan kemampuan untuk menyimpan arus lebih baik sehingga power amplifier akan mempunyai kinerja yang lebih baik, menghasilkan suara yang jernih bertenaga.

Pada dasarnya, elco akan menyimpan arus dan mengosongkannya kembali ketika rangkaian bekerja, prinsip kerja elco pada power ampli inilah yang digunakan sebagai media untuk memaksimalkan fungsi power ampli secara keseluruhan, termasuk blok tone control dan pre amp.

Menentukan Nilai Elco Pada Power Amplifier

Besarnya nilai uF elco pada power supply yang digunakan untuk mencatu power ampli haruslah tepat, ini ditentukan oleh seberapa besar watt power yang hendak dicatu dan bagaimana prinsip kerja rangkaian ampli secara keseluruhan.

Dikatakan, menambah besar nilai elco atau menambah jumlah elco power ampli umum dilakukan ketika kita membuat ampli rakitan.

Ini akan memberikan efek yang baik, membuat ampli lebih bertenaga dan tegangan yang dihasilkan bersih. Namun kita juga perlu mempertimbangkan kemampuan rangkaian secara menyeluruh, jangan sampai niatnya mau modif agar hasil lebih baik namun justru kurang cocok ketika diterapkan dan memberikan efek buruk.

Elco yang umum dipakai pada power supply amplifier:

  1. Besarnya 10.000 uF/80 volt
  2. Besarnya 40.000 uF/80 volt
  3. 100.000 uF/100 volt
  4. Dan sebagainya, bisa dipasang secara paralel agar menghasilkan uF yang lebih besar

Pemasangan Elco Yang Benar

Memasang elco pada power supply apalagi untuk kegunaan ampli dengan watt besar harus diperhitungkan dengan baik.

Ini akan berdampak pada hasil suara yang maksimal dan baik, sehingga kita dapat merasakan hasil yang maksimal nantinya.

Memasang elco power supply ampli yang benar adalah dengan dipasang secara paralel, ketika kita menambahkan elco dengan jumlah yang lebih banyak maka ketika dipasang secara paralel, nilai UF nya akan bertambah besar, sedangkan volt maksimumnya tetap.

Namun saat elco dipasang seri, maka kemampuan volt maksimalnya yang bertambah, sedangkan nilai uF nya tetap.

Merk Elco Yang Bagus Untuk Power Ampli

Bicara soal merk, terdapat banyak pilihan di pasaran, sehingga kita tidak akan mengacu pada salah satu merk tertentu.

Yang umum dipakai adalah elco denganharga standar, sedangkan harga yang lebih mahal biasanya juga menawarkan kualitas yang sebanding.