Menu

Skema Sound System Rumahan, Cara Setting agar Surround Stereo Suaranya Menyebar

Menyetel skema sound system rumahan yang benar dan bagus perlu dilakukan, berikut ini penjelasan cara setting sound system dalam rumah agar menghasilkan suara yang menyebar dari sisi stereonya bagus dan secara suara dengan efek surround dolby atmos.

Apakah mudah melakukan penyetelan sound system stereo agar menghasilkan suara surround dan suara kiri-kanan terasa menyebar layaknya di bioskop? Ternyata, jika kita cermati tidaklah sulit menghasilkan efek suara dolby atmos, yang perlu dilakukan adalah mengadakan kelengkapan perangkat yang memadai, lalu mengetahui bagaimana sistem kerja suara sound system yang baik agar menghasilkan efek stereo maksimal, apalagi untuk kegunaan nonton film, movie, dan musik yang berkualitas hasilnya.

Cara Kerja Efek Surround Pada Sound System

Untuk menghasilkan efek surround atau layaknya dalam ruangan luas yang penuh dengan efek suara-suara ‘ghoib’ dari channel stereo yang baik saat nonton movie, maka kita perlu memenuhi beberapa kriteria secara umum, yakni seperti poin-poin dibawah ini:

  1. Perangkat yang memenuhi syarat
  2. Kualitas perangkat yang memadai
  3. Penataan perangkat yang benar
  4. Pengetahuan untuk melakukan setting pada sound system yang baik
  5. Ruangan atau rumah yang memadai
  6. Dan masih banyak lagi

Efek surround pada sound system bekerja dengan cara memaksimalkan efek suara channel kiri-kanan pada perangkat audio, lalu menciptakan semacam efek stereo widening yang akan memberikan suara suara latar makin jelas dan menimbulkan efek seakan lapang serta kaya akan detail-detail suara kecil, ini akan menciptakan suasana seakan kita berada dalam dunia nyata saat menonton film atau berada langsung pada lokasi dimana film tersebut ditampilkan.

Ketepatan dalam efek suara dan tampilan animasi dan gambar pada film akan menciptakan efek yang seakan nyata dan kaya akan mikro detail sehingga sangat enak dinikmati.

Bagan Pemasangan Sound System Dalam Rumah agar Menghasilkan Efek Surround

Untuk menciptakan efek surround yang nyata dan detail, kita perlu menata perangkat-perangkat audio dengan tepat.

Perhatikan gambar diagram atau bagan penataan sound sistem dalam ruangan berikut ini:

Penjelasan Diagram Surround Sound System

Pada gambar diatas kita ambil contoh instalasi sound system pada ruangan untuk menonton movie, dengan kelengkapan seperti televisi, video player, dan perangkat audio yang sudah sangat lengkap.

Maka untuk menata dan menempatkan speaker pada masing-masing sisi yang tepat, kita perlu perharikan layaknya pada gambar diatas.

Pada penataan seperti diatas, misalnya kita sedang duduk di depan televisi maka ketika film diputar akan sangat terasa efek-efek surround yang akan menampilkan detail terkecil pada suara baik itu pada channel kiri maupun kanan, menghasilkan efek seakan kita berada pada tempat kejadian yang nyata.

Untuk membuatnya dan melakukan penyusunan yang benar, maka kita perlu melakukan percobaan dan pengetesan dengan teliti sambil merasakan hasilnya, sampai ditemukan efek suara yang paling baik.