Menu

Kegunaan Resistor Pada Power Supply, Adaptor, Sebagai Pembatas Tegangan

Menilik kegunaan resistor dalam rangkaian elektronika yang amat penting, maka kita akan membahas secara terpisah mengenai hal ini. Karena komponen resistor ditemukan hampir di seluruh perangkat elektronika, yang menjadikan kita merasa perlu memahami lebih jauh apa itu fungsi resistor untuk membatasi arus dan tegangan dc yang mengalir dalam rangkaian.

Salah satu hal penting untuk diketahui adalah kegunaan resistor pada adaptor, adapun fungsinya adalah sebagai pembatas tegangan yang mengalir pada rangkaian tersebut. Sehingga nantinya akan dapat digunakan untuk menghasilkan output sesuai yang sudah dirancangkan.

Tentang Resistor Pada Power Supply

Keberadaan komponen resistor amat penting pada perangkat power supply, ibaratnya resistor adalah pintu-pintu atau pipa yang membatasi aliran tegangan ke masing-masing bagian power supply, yang nantinya akan menghasilkan output tegangan dalam besaran tertentu.

Power supply adalah blok rangkaian yang berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk memasok tegangan ke salah satu bagian atau seluruh perangkat elektronika dalam rangkaian. Umumnya, power supply mengubah satu jenis tegangan listrik ke yang lain, misalnya tegangan ac ke tegangan dc Tetapi, dapat pula difungsikan untuk mengubah bentuk energi dari bentuk satu ke bentuk lainnya misalnya energi panas, angin, air, dll.

Pada rangkaian power supply atau adaptor digunakan resistor, transistor, kapasitor dan ic yang mempunyai peran masing-masing dan bekerja membentuk sebuah fungsi yang nantinya akan berguna untuk perangkat elektronika secara keseluruhan.

Peran resistor pada adaptor ini amat penting, sehingga untuk proses penggantian misalnya jika terjadi kerusakan, maka tidak dapat digunakan sembarang nilai power supply, namun harus menggunakan nilai tertentu yang sesuai.

Kegunaan Resistor

Kegunaan resistor pada power supply adalah sebagai komponen pembatas arus dan tegangan sehingga mencapai nilai tertentu. Lebih jelasnya dapat dilihat pada poin-poin dibawah ini.

  1. Sebagai pembatas tegangan
  2. Untuk mengatur arus yang mengalir pada rangkaian
  3. Untuk menentukan nilai tertentu pada output power supply
  4. Sebagai pasangan dari filter yang menggunakan kapasitor

Disamping fungsi resistor pada power supply seperti diatas, masih banyak lagi peran power supply dalam rangkaian sehingga komponen ini nyaris dipakai pada setiap perangkat elektronika, dipasangkan dengan komponen lain sehingga dapat membentuk satu fungsi yang berguna dalam perangkat.

Penting untuk dibacah: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Resistor Lengkap

Demikianlah kurang lebih mengenai pembahasan resistor dan fungsinya yang dapat ditemukan salah satunya pada blok power supply atau adaptor pada rangkaian elektronika. Tidak menutup kemungkinan masih banyak fungsi lain dari resistor yang dapat ditemukan dalam macam-macam perangkat elektronika sehingga memungkinkan kita mengenal lebih jauh mengenai komponen yang satu ini.