Menu

Kelebihan Speaker TOA dibanding Speaker Biasa

Speaker TOA banyak digunakan dalam keperluan sehari-hari terutama ketika menginginkan kualitas suara yang lantang, keras dan mampu menghantarkan nada suara kuat khususnya frekuensi mid. Ternyata ada beberapa kelebihan speaker toa jika dibandingkan dengan speaker midrange biasa, atau speaker woofer pada umumnya yang menggunakan model membran lebar.

Apa itu TOA

TOA adalah brand ternama yang berkecimpung di dunia audio khususnya speaker, yang paling populer adalah model speaker horn dengan bentuk seperti corong, sangat efektif untuk menguatkan dan menghantarkan nada middle dengan keras.

Kadangkala kita keliru dalam menyebut arti toa misalnya menyebut bentuk speaker yang berupa corong adalah speaker toa, padahal toa itu merek. Namun sudah jadi hal umum ini digunakan untuk mengacu pada speaker horn yang umumnya dipasang outdoor atau di lapangan untuk keperluan masjid, atau pada acara tertentu.

Seiring dengan kualitas yang bagus dari speaker merk toa, maka sudah dapat dipastikan harga yang ditawarkan juga sesuai dengan kemampuannya, diatas rata-rata merek lain pada model yang sama. Bahkan hampir dapat dikatakan toa mendominasi segmen speaker outdoor model corong.

Jenis Speaker TOA

Yang umum digunakan terdapat setidaknya dua jenis atau model speaker toa sesuai fungsinya, yakni speaker model outdoor dan speaker toa indoor. Ini banyak ditemui di lapangan dimana penggunaannya sangat beragam sesuai dengan ukuran dan jenisnya.

Lebih jauh mati kita simak seperti apa masing-masing model speaker toa ini beserta penjelasanya dan bentuk gambar sehingga memudahkan untuk mengenalinya.

Speaker Toa Outdoor

Speaker Toa outdoor dikenal sudah sejak lama dengan model yang familiar, yakni berbentuk corong menyerupai mahkota bunga datura. Model ini adalah bentuk awal speaker toa yang membawa brand ini jadi populer karena memang kualitas suara yang dihasilkan akan mampu membuat suara mid dan vokal jadi lantang.

Toa outdoor sangat cocok digunakan untuk keperluan acara-acara yang menonjolkan vokal, sehingga orang yang berbicara amat jelas didengar dari jarak jauh, ini juga cocok untuk keperluan masjid dan acara lainnya.

Speaker Toa Indoor

Jenis toa indoor umum dipakai pada penggunaan dalam ruangan, memungkinkan kualitas audio yang jernih dan bersih untuk di dengar.

Toa indoor banyak dipakai pada ruangan-ruangan rapat, masjid, dan ruang yang luas sehingga memungkinkan suara terdengar jernih pada jarak yang luas dalam ruangan.

Speaker toa indoor paling umum berbentuk kotak yang dipasang pada dinding-dinding ruangan sehingga memungkinkan suara yang dihasilkan dapat merata pada ruang tersebut.

Baca pula: Skema Mixer TOA

Keunggulan Speaker TOA

Setelah membahas beberapa macam mengenai speaker merk toa , maka kali ini kita akan mengulas mengenai kelebihan toa dibandingkan dengan speaker merk lain atau speaker model biasa.

  1. Salah satu faktor yang jadi keunggulan toa adalah frekuensi suara dari speaker Toa berkisar antara 200 Hz hingga 6.000 Hz, atau setara dengan 0,2 kHz hingga 6 kHz. Ini amat cocok untuk menampilkan nada mid yang lantang dan jernih.
  2. Dapat memproduksi suara yang jernih pada frekuensi tengah atau nada middle, ini khusus pada toa outdoor.
  3. Dapat menjangkau jarak yang luas. Dengan daya yang sedang, maka jangkauan suara yang dihasilkan dapat sangat luas bahkan bisa beberapa puluh kali lipat dibandingkan speaker biasa, maka speaker TOA ini benar – benar menjadi salah satu yang paling unggul. Misalnya toa yang dipasang di masjid dapat menjangkau satu kampung.