Menu

Skema Mixer Toa Yang Bagus

Kebutuhan akan mixer toa yang bagus mutlak diperlukan guna mendukung performa amplifier yang kita miliki, apalagi kalau untuk mengangkat toa lapangan atau toa dengan ukuran besar dan lebih dari satu, maka diperlukan pula perangkat yang powerful dan memadai.

Salah satu rangkaian mixer untuk toa yang bagus adalah mempunyai spesifikasi mumpuni dan cocok dengan keperluan hendak seperti apa perangkat tersebut kita pasang, apakah untuk keperluan yang besar atau hanya untuk acara kecil saja.

Misalnya unutk kebutuhan acara kecil-kecilan, maka cukup menggunakan ampli dengan daya sedang dan satu buah speaker TOA. Dibawah ini kami berikan contoh mixer mini yang dapat diaplikasikan untuk toa.

Rangkaian Mixer Mini untuk TOA

Berbagi skema mixer toa memang perlu menyesuaikan dengan perangkat power ampli dan tone control yang digunakan. Berikut salah satu contoh mixer portabel yang dapat digunakan pula sebagai perangkat awal untuk keperluan mengangkat speaker toa.

Perhatikan skema dibawah ini:

Kita dapat melihat betapa kompak skema mixer diatas sehingga cocok digunakan untuk keperluan kecil guna mendukung perangkat yang kecil pula, namun dapat pula digunakan untuk power yang memiliki daya lumayan tinggi, misalnya 200 watt.

Daftar Komponen Mixer Diatas

Dari daftar komponen yang digunakan pada skema mixer diatas maka kita dapat mengetahui bagaimana tingkat kesulitan dalam merakitnya jadi rangkaian siap pakai, mulai dari desain layout pcb hingga pemilihan masing-masing komponen untuk mendapatkan ukuran dan bentuk yang paling ideal.

Hal seperti ini jadi tantangan tersendiri bagi kaum penghobi elektronika, bagaimana menentukan rangkaian yang paling ideal dan cocok dengan kegunaan yang di inginkan.

Anda juga perlu untuk membaca ulasan berikut yang masih berkaitan dengan rangkaian amplifier dan mixer TOA:

  1. Pre amp Mic Toa
  2. Ampli TOA

Pada tautan diatas kami sudah membahas mengenai seluk beluk rangkaian toa mulai dari pre amp mic hingga power amplifier, maka tidak heran kalau kemudian kami menyarankan Anda untuk membacanya lebih lanjut karena akan membantu menentukan seperti apa perangkat toa yang Anda perlukan.