Menu

5 Penyebab mata solder tidak panas Sehingga Timah Tidak Menempel

Mengalami kejadian tidak tidak mau menempel di mata solder memang amat menjengkelkan apalagi saat kita sedang sibuk merangkai tiap komponen menjadi perangkat yang sedang direncanakan. Ada beberapa penyebab mata solder tidak panas sehingga tenol tidak melekat pada PCB, hal ini perlu diketahui sehingga dapat mengatasi masalah yang amat mengganggu tersebut.

Masalah solder tidak terlalu panas ini sering kita jumpai, dan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang sebenarnya dapat diatasi, tergantung bagaimana menyikapinya sehingga dapat mengatasi masalah yang timbul, bahkan jangan sampai mengganggu kinerja dari rangkaian yang hendak dikerjakan.

Kalau bisa, kualitas rangkaian jangan sampai terganggu hanya karena problem pada solder yang memang patut dipahami terlebih dahulu, sehingga nantinya tidak akan menyulitkan kita pada saat praktek.

 

Faktor yang menyebabkan solder kurang panas

Kenapa solder yang kita pakai terasa tidak maksimal panasnya? Ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor penting, diantaranya adalah kualitas dari solder itu sendiri, mulai dari elemen yang digunakan apakah sudah mumpuni atau belum, sampai kualitas material yang digunakan pada mata solder.

Ciri ciri solder kurang panas biasanya ditandai dengan timah yang tidak mau menempel pada mata solder maupun pada PCB atau komponen yang hendak disolder. Lalu hanya akan menimbulkan banyak flek hitam yang nantinya akan menutupi lapisan tembaga pada PCB atau bagian mata solder.

Kalau hal seperti ini dibiarkan, maka pekerjaan kita dalam hal solder menyolder akan terkendala, yang nantinya dapat menyebabkan penurunan kualitas dari hasil rangkaian elektronika kita.

Beberapa sebab solder tidak panas:

  1. Listrik PLN yang kurang stabil
  2. Elemen solder tidak bagus/ rusak
  3. Mata solder kualitasnya kurang bagus
  4. Lapisan mata solder yang terkikis atau rusak
  5. Lapisan PCB atau komponen kotor sehingga timah tidak menempel

Dari beberapa sebab diatas maka kita harus dapat memahami apa yang perlu dilakukan sehingga masalah teratasi, yang nantinya akan meningkatkan hasil solderan kita.

 

Solusi solder kurang panas

Mengatasi masalah mata solder tidak panas saat digunakan menyolder maka kita perlu memahami sebab-sebabnya terlebih dahulu. Sebagai contoh kita dapat melihat beberapa poin diatas, sehingga penanganan pun akan tepat guna sehingga semua akan mudah dilakukan pada akhirnya.

Contoh solusi dari masalah solder tidak panas:

  • Apabila kualitas mata solder kurang bagus maka harus diganti dengan yang ber merk, contoh merk yang bagus adalah mata solder goot buatan jepang.
  • Apabila elemen bermasalah maka perlu diganti dengan  yang baru
  • Bila listrik PLN yang kurang maksimal maka perlu di cek kembali instalasinya, atau pengkabelan yang mungkin buruk.
  • Jangan lupa sediakan pula solder pasta atau gondorukem, agar mata solder tidak kering
  • Gunakan juga busa atau kain yang dibasahi air, sehingga dapat membersihkan mata solder ketika dalam kondisi panas.