Menu

Skema Stepper Class H Sederhana (Class H Apex H900 TEF Power Amplifier)

Pembahasan mengenai skema stepper class H sederhana ini guna memenuhi minat pembaca mengenai rangkaian power amplifier class H menggunakan konfigurasi Apex H900 TEF yang mana output power yang dikeluarkan cukup mumpuni untuk menghasilkan kualitas suara yang strong dan menghadirkan detail-detail sangat baik untuk kelasnya.

Besaran power yang dihasilkan oleh kit ini kisaran 1000 watt rms pada beban 8 ohm, tentu saja spek ini bergantung pada kualitas komponen yang digunakan dan juga tegangan catu daya yang mumpuni, serta penggunaan komponen pendukung lainnya.

Kalau sudah mendapatkan konfigurasi yang paling pas maka tentu saja harapannya akan dapat menghasilkan power yang maksimal terutama untuk penggunaan jangka panjang yang aman dari kerusakan akibat terlalu panas atau masalah lainnya.

Dibandingkan rangkaian power amplifier standard, maka konfigurasi class H mempunyai banyak keunggulan, diantaranya seperti berikut:

  1. Konsumsi daya yang efisien, ini karena didukung oleh power supply class H seperti yang pernah kita bahas, baca disini: Rangkaian stepper class H untuk power amplifier
  2. Kemampuan untuk menghasilkan kualitas audio yang kuat dan bertenaga jika dibandingkan dengan sistem power amplifier biasa
  3. Noise atau frekuensi pengganggu sangat minim jika dibandingkan dengan power standard
  4. Dan masih banyak lagi

Meskipun terdapat beberapa keunggulan namun ada beberapa alasan mengapa orang belum selalu mengaplikasikan power amplifier class H mengingat dukungan power supply yang digunakan harus mendukung guna memenuhi kemampuan power amplifier tersebut.

Juga, dari segi harga yang relatif lebih mahal daripada jenis biasa membuat rangkaian class H ini masih belum begitu diminati untuk digunakan pada penggunaan biasa.