Menu

Ukuran Elco untuk speaker bass (Cara Menguatkan Bass Woofer)

Pendahuluan

Pada perangkat power amplifier, suara nada rendah sangat penting perannya agar menghasilkan kualitas audio yang mumpuni, output bass dicapai melalui speaker yang disebut subwoofer, jenis speaker ini memainkan frekuensi bass khusus yang lebih rendah dan dirancang khusus untuk memberikan output pada low frekuensi.

Sebelum membahas mengenai berapa besar ukuran elco untuk speaker bass yang tepat maka kita perlu memahami terlebih dahulu bagaimana prinsip kerja woofer sehingga dapat menghasilkan nada bass yang dalam. Ini akan memudahkan kita dalam menemukan cara menguatkan bass speaker woofer sehingga menghasilkan rentang nada sesuai yang di inginkan.

Daya yang kurang memadai jadi salah satu faktor subwoofer tidak bisa mengeluarkan suara bass yang kuat. Jika subwoofer berdaya tinggi tidak mendapatkan daya yang dibutuhkan, maka subwoofer akan menghasilkan suara yang lebih lemah, ini tentu memberikan keraguan sehingga diperlukan sedikit modifikasi. Salah satu yang digemari adalah dengan menambahkan kapasitor elco pada speaker woofer. Kapasitor membantu memasok daya ke amplifier subwoofer selama masa kinerja puncak. Kapasitor terhubung ke baterai dan menyimpan daya untuk amplifier sehingga ketika terjadi konsumsi daya yang tinggi (dapat menghasilkan hentakan nada bass yang lebih dalam), ini memungkinkan membantu woofer mendapatkan daya yang cukup dari power amplifier.

Nilai Elco Untuk Menambah Bass

Menentukan besarnya nilai kapasitor untuk dipasang di subwoofer sebenarnya relatif tergantung dari kebutuhan kita, menyesuaikan besarnya speaker dan daya power amplifier. Semakin besar power amplifier memerlukan kapasitor elco yang punya tegangan maks tinggi, sebaliknya kalau daya power kecil maka kita dapat menggunakan elco dengan ukuran lebih kecil pula

Namun secara umum biasanya orang menambahkan elco dengan nilai 330-2000uF untuk menguatkan nada bass.

Pemasangan elco adalah dipasang seri dengan speaker, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh diatas. Kalau menginginkan kapasitas elco yang lebih besar maka dapat dipasang secara paralel satu sama lain, namun untuk contoh gambar diatas adalah dipasang seri, artinya hal itu akan memberikan penjumlahan nilai tegangan maks yang lebih tinggi.

Cara Memasang Elco Pada Speaker

Untuk langkah pemasangan elco pada speaker rasanya tidak perlu kita bahas lebih lanjut lagi, karena itu menyesuaikan dengan keinginan kita. Silakan buka box speaker dan pasang secara langsung elco dengan di solder pada speaker.

Namun yang perlu di ingat adalah berapa daya maks dari power amplifier yang akan diberikan pada speaker woofer tersebut, ini penting karena kalau tegangan dari power lebih tinggi maka elco dapat saja terbakar. Untuk itu pastikan kapasitor elco yang dipasang mempunyai nilai tegangan lebih tinggi dari power amplifier yang akan diberikan pada speaker tersebut.

Penting untuk dibaca: Penyebab Amplifier Bunyi Dengung