Home / Rangkaian Elektronika / Rangkaian Audio Mixer

Rangkaian Audio Mixer

Rangkaian Audio Mixer – Audio Mixer adalah suatu perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pencampur dari beberapa input audio menjadi satu keluaran audio. Dari kebanyakan mixer yang beredar di pasaran rata-rata menggunakan op amp. Audio mixer ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu pre-amp, tone control dan adder.

Audio mixer secara luas digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk studio rekaman, sistem panggilan publik (public address), sistem penguatan bunyi, dunia penyiaran baik radio maupun televisi, dan juga pasca produksi pembuatan film.  Suatu contoh penerapan yang sederhana, dalam suatu pertunjukan musik misalnya, sangatlah tidak efisien jika kita menggunakan masing masing amplifier untuk menguatkan setiap bagian baik suara vokal penyanyi dan alat-alat musik yang dimainkan oleh band pengiringnya. Disini Audio mixer akan menjadi bagian penting sebagai titik pengumpul dari masing masing mikropon yang terpasang, mengatur besarnya level suara sehingga keseimbangan level bunyi baik dari vokal maupun musik akan dapat dicapai sebelum diperkuat oleh amplifier.

Di bawah ini kami tampilkan Rangkaian Audio Mixer yang cukup handal. Silakan Anda lihat dan pelajari. Siapa tahu Anda tertarik untuk membuatnya.

Gambar Skema Rangkaian Audio Mixer

Mixer adalah salah satu perangkat paling populer setelah microphone. Kita lebih mengenalnya dengan sebutan mixer, mungkin kebanyakan kita menyebutnya demikian karena fungsinya yang memang mencampur segala suara yang masuk, kemudian men-seimbangkannya, menjadikannya dua (L-R kalau stereo, dan satu kalau mono), kemudian mengirimkannya ke cross-over baru ke power amplifier dan akhirnya ke speaker.

Rangkaian Audio Mixer ini dibangun oleh sekitar empat penguat yang dikendalikan oleh IC SSM2024. Konsumsi arus antara 5 – 9 mA. Sinyal / noise rasio adalah 90 dB, dan bandwidth 130 kHz. SSM2024 bekerja dengan cukup baik dengan tegangan listrik antara +9 V dan +18 V, tapi penampilan terbaik diperoleh pada sekitar 15 V.

Reference : www.wikipedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top