Menu

Penyebab Nasi Lengket di Rice Cooker, Menghilangkan Kerak Nasi yang Menempel

Penyebab nasi lengket di rice cooker adalah karena lapisan teflon pada panci masak rice cooker sudah terkikis. Hal ini sering terjadi pada mejikom yang sudah berumur dan lama dipakai, kebiasaan membersihkan panci masak rice kuker juga jadi penyebab rusaknya lapisan teflon tersebut.

Maka kita patut mengetahui dengan seksama bagaimana memelihara rice cooker supaya awet dan tidak menimbulkan kerusakan saat digunakan untuk menanak nasi.

Tips lainnya adalah cara menghilangkan kerak nasi di rice cooker yang menempel pada panci masak. Ini memang nampak mudah, namun bila cara yang dilakukan salah maka justru akan mengakibatkan rusaknya panci masak tersebut dan menimbulkan banyak goresan.

Cara Masak Nasi Agar Tidak Lengket

Tentu saja, cara menanak nasi supaya tidak lengket di rice coooker adalah hal mudah yang dapat diterapkan masing-masing orang. Ini bukanlah perkara rumit, namun bagi yang belum tahu akan penasaran dengan tips ini sehingga seringkali memasak nasi pada akhirnya akan lengket karena tidak dapat dilakukan dengan baik.

Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar hasil masak nasi tidak lengket:

  • Pastikan menambahkan air secukupnya, nasi lengket bisa saja karena kebanyakan air sehingga lembek
  • Perhatikan jenis beras yang dimasak, ada yang cukup pakai sedikit air namun ada berat yang butuh lebih banyak air
  • Pastikan kondisi periuk nasi atau panci rice cooker masih bagus, panci yang gores-gores dan lapisan luarnya terkikis rawan menyebabkan nasi mudah menempel dan gosong
  • Pastikan majig com atau rice kuker yang dipakai masih bagus, kondisi rice cooker yang rusak otomatisnya akan menyebabkan nasi lengket

Dari beberapa poin diatas dapat diketahui bahwa itu adalah penyebab nasi lengket saat dimasak menggunakan rice cooker, yang mana poin tersebut adalah hal yang harus diperhatikan agar hasil masak nasi halus dan lunak, pulen dan enak dimakan.

Kalau kita sudah terbiasa, maka akan mudah mengira-ngira dan membedakan jenis beras sehingga cocok untuk memakai air sedikit atau lebih banyak, dan hasilnya pun akan tepat tidak lengket namun pulen.

Penyebab Timbulnya Kerak Nasi dan Membersihkannya

Kerak nasi yang gosong dan lengket pada panci rice cooker dapat timbul salah satunya karena kerusakan yang terjadi pada panci tersebut. Seperti yang disebutkan diatas, lapisan teflon yang sudah terkikis dapat menyebabkan nasi lengket sampai menimbulkan kerak yang tebal dan gosong.

Cara Membersihkan Kerak Nasi di Rice Cooker

Caranya cukup mudah, silakan tuang air ke panci dan rendam setengah jam atau lebih lama, lalu pastikan kerak nasi sudah lunak sehingga mudah terlepas dari dinding panci.

Selanjutnya bersihkan menggunakan kasak atau pembersih yang lunak dari bahan spoon, sampai kerak nasi bersih dan dinding panci bersih total.

Cara yang salah adalah dengan membersihkan kerak nasi pakai kasak atau alat pencuci yang kasar terbuat dari bahan logam, ini tidak dianjurkan karena akan membuat dinding panci ikut terkikis dan merusak lapisan teflon pada panci.

Cara lain yang tidak boleh dilakukan adalah mengorek kerak nasi dengan benda logam karena dapat merusak panci.