Menu

Perbedaan Jenis-Jenis Microphone untuk Vokal, Recording, dan Youtuber

Microphone adalah perangkat penting dalam sistem audio secara umum, komponen ini akan memberikan andil penting dalam dunia audio entah itu dalam studio rekaman, untuk penyanyi atau bagi konten kreator yang sehari-hari berurusan dengan dunia recording.

Memilih jenis mikrofon yang bagus bisa jadi faktor penentu keberhasilan Anda dalam mengolah video maupun audio secara menyeluruh, karena bagian awal dari proses pengolahan tersebut ada pada perangkat mic yang menentukan hasil suara akhir nantinya. Oleh sebab itu tidak dapat mengabaikan pemilihan tipe mikrofon yang cocok untuk youtuber, penyanyi, maupun dalam dunia rekaman sehingga nantinya akan didapatkan hasil sesuai perencanaan.

Kalau melihat sepintas secara fungsi microphone memang sama saja yakni menangkap gelombang suara dari sumber suara dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang berupa frekuensi audio untuk diolah lebih lanjut pada tahapan perangkat audio berikutnya.

Artikel yang berkaitan dengan mikrofon adalah tentang pre-amp mic, yang mana sudah pernah kita bahas dalam pertemuan sebelumnya. Silakan baca selengkapnya mengenai fungsi preamp mic disini

 

Membedakan jenis mikrofon berdasarkan kegunaannya

Sebelum membeli microphone ada baiknya kita mengenal lebih jauh macam-macam mic yang ada sehingga dapat memberikan gambaran mengenai kebutuhan kita nantinya. Ini akan membantu menghemat biaya dan kegunaan yang tepat sehingga menghasilkan output yang efisien dan maksimal sesuai  peruntukannya.

Berikut ini akan kita ulas sepintas mengenai 3 jenis microphone yang sering digunakan dan bagaimana perbedaan dari masing-masing mikrofon tersebut sehingga dapat memberikan gambaran bagi Anda ketika hendak membeli mic yang sesuai dengan keperluan Anda.

  1. Microphone untuk Vokal, ini lebih spesifik karena keperluan yang dikehendaki adalah untuk memaksimalkan potensi tarik suara terutama bagi seorang penyanyi agar dapat menemukan jenis mic yang sesuai dengan karakter suaranya. Secara umum jenis mic ini tergolong membutuhkan budget tinggi untuk mendapatkan kualitas yang bagus. Beberapa merk ternama seperti Shure, Samson atau Behringer dapat Anda pilih untuk hasil terbaik.
  2. Microphone untuk recording, hampir sama dengan mic untuk vokalan maka jenis mic untuk rekaman ini pun memerlukan biaya agak mahal. Ini karena kebutuhan akan mic bukan hanya untuk penyanyi nya saja namun juga harus mendukung mic yang digunakan untuk menangkap nada dari tiap alat-alat musik yang dimainkan. Pada umumnya jenis mic untuk recording adalah menggunakan tipe dynamic mengingat kemampuan untuk menangkap suara dan menyaring filter adalah yang terbaik dari mikrofon dynamic.
  3. Microphone untuk youtuber, dalam kategori ini kita selain mengejar fungsi terbaik dari mic yang digunakan juga mempertimbangkan portabiitas sehingga memilih jenis yang bagus untuk youtuber amatlah penting. Pada umumnya para youtuber menggunakan mic jenis condensor mengingat ukurannya yang portable dan kemampuan sensitifitasnya yang baik. Anda dapat memilih tipe mic ini di marketplace yang sudah menyediakan bermacam jenis variasi microphone dengan harga beragam.

 

Kiat memilih microphone yang tepat guna

Untuk menentukan jenis microphone yang baik untuk digunakan sesuai keperluan Anda setidaknya harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan membelinya. Ini akan membantu menemukan mic yang cocok dengan biaya yang terjangkau namun mendapatkan kualitas tidak mengecewakan.

Faktor-faktor yang patut Anda pertimbangkan sebelum membeli microphone:

  • Ketersediaan dana, ini penting mengingat kita hendak membeli mic sesuai kebutuhan namun dengan biaya sebaik mungkin sehingga akan efisien.
  • Menyesuaikan kebutuhan, untuk apa Anda hendak menggunakan mic tersebut patutlah dipikirkan kembali
  • Perangkat lain yang akan digunakan, kecocokan mic yang akan dibeli hendaknya matching dengan perangkat yang akan Anda pakai.
  • Karakter suara yang ingin dicapai, seperti apa jenis suara yang akan dihasilkan, apakah ingin hasil yang baik atau hanya untuk keperluan biasa saja.