Menu

Rangkaian Penguat Mikrofon pre amp mic sederhana mudah dibuat

Penggunaan perangkat yang praktis dan simpel saat ini jadi kunci untuk mengejar portabilitas dalam dunia audio dan video. Salah satunya alat perekam suara yang dapat dibawa kemana-mana. Mungkin dalam beberapa waktu lalu kita diharuskan membawa perangkat yang berat ketika hendak syuting atau keperluan fotografi, namun belakangan ini dengan semakin berkembangnya teknologi memudahkan kita untuk mengakses dunia luar dari perangkat portable yang memiliki ukuran jauh lebih ringkas.

Demikian pula untuk kegunaan yang lebih luas misalnya dalam upacara, event besar atau pertemuan khusus yang mengharuskan pemasangan mikrofon yang peka suara maka kita dituntut memiliki skema pre-amp mic dengan sensitifitas tinggi.

Alat perekam suara atau penguat mic ini sangat diperlukan untuk mendukung mikrofon yang sering digunakan berpidato atau orasi sehingga mengeluarkan audio yang jelas dan jernih.  Dengan adanya audio yang jelas dan bersih membuat pendengar (audience) nyaman mendengarkannya. Lain halnya jika output-nya terdengar tidak jelas dan berisik, maka pendengar enggan untuk mendengarkannya. Dalam tata suara (sound system), penguat mikrofon menjadi salah satu bagian yang bisa menentukan dan mempengaruhi kualitas audio. Tak heran bila rekayasa dan inovasi di bidang penguat mikrofon terus berlangsung tak pernah henti.

Pada kesempatan kali ini kami akan memperkenalkan Rangkaian Penguat Mikrofon Impedansi Rendah. Rangkaian adalah penguat mikrofon untuk digunakan dengan mikrofon impedansi rendah (~ 200 ohm). Rangkaian ini akan bekerja dengan tegangan stabil di antara 6 30 Volt DC. Jika Anda tidak membangun bagian adaptor impedansi dengan T1, Anda mendapatkan penguat mikrofon (amp-mic) untuk mikrofon yang berimpedansi tinggi. Dalam kasus ini, Anda harus langsung menghubungkan sinyal ke C7. Ada baiknya Anda lihat dan pelajari gambar skema rangkaian penguat mikrofon impedansi rendah di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Penguat Mikrofon Impedansi Rendah

Gambar Skema Rangkaian Penguat Mikrofon Impedansi Rendah

Gambar Tata Letak Rangkaian Penguat Mikrofon Impedansi Rendah

Jika Anda berminat untuk membuatnya sendiri, ada beberapa buah komponen yang harus Anda persiapkan (beli) terlebih dahulu. Adapun komponen-komponen yang diperlukan untuk merakit Rangkaian Penguat Mikrofon Impedansi Rendah adalah sebagai berikut :
R1=15k
R2= 150k
R3= 2k2
R4= 820
R6= 10k
R7= 10k
P1= 1M
C1= 3k9
C2= 100u
C3= 22u
C4= 4u7
C5= 470u
C6= 10u
C7= 100n
C8= 47u UNIPOLAR
D1= 1N4148
U1= TL081
CN1= SIL6

 

Dari skema pre amp mic diatas kita dapat memahami beberapa penggunaan komponen yang mempengaruhi tingkat kepekaan dari pre amp itu sendiri, termasuk impedansi rendah yang akan membantu kita dalam aplikasi lebih luas. Silakan melakukan percobaan sendiri menggunakan lay out yang sudah disediakan, dan pemilihan komponen yang sudah disiapkan sebelumnya sehingga memungkinkan kita mendapatkan perangkat yang sesuai keperluan dan efisien.

Demkian sekilas mengenai pembahasan hobi elektronika kali ini, jangan  lewatkan topik menarik lainnya yang akan selalu kami update melalui blog ini dan pastikan tidak ketinggalan tulisan kami yang lain.