Menu

Rangkaian Filter Middle, Ukuran Kapasitor untuk Speaker Midrange

Demi memperoleh kualitas audio yang ideal maka kita harus menilik dari segala sisi demi mendapatkan rentang frekuensi suara yang mendekati sempurna, setidaknya sesuai dengan target yang hendak dicapai. Salah satu yang penting adalah menambahkan rangkaian berupa Kapasitor untuk SPEAKER mid, dimana rangkaian ini berfungsi memberikan tuning khusus pada frekuensi tengah atau midrange, yang nantinya akan berpengaruh pada vokal penyanyi yang real dan berkualitas tinggi.

Maka dari itu perlu adanya penambahan komponen pasif maupun aktif untuk mendapatkan kualitas suara mid yang sesuai, umumnya setelah power amplifier akan ditambahkan rangkaian crossover aktif atau pasif, namun ada pula yang memilih cara simple dengan menambahkan Kapasitor untuk SPEAKER middle dengan nilai yang tepat berkisar antara 22-44uF, dengan voltase tinggi.

Ukuran Kapasitor Speaker Mid

Ketika kita hendak menambahkan komponen pasif pada speaker midrange maka yang dipakai adalah jenis kapasitor milar, nilai mylar ini biasanya ada ukuran khusus yang memungkinkan frekuensi tengah yang dihasilkan oleh speaker jadi lebih baik.

Yang paling umum digunakan adalah capasitor milar ukuran 22uF dengan voltase 400-650 volt. Ini akan menghasilkan frekuensi mid yang bersih dan lebih baik daripada hanya dipasang langsung tanpa menggunakan kapasitor.

Tentu saja ada banyak faktor pendukung agar hasil yang dicapai jadi lebih baik, salah satunya adalah kualitas power amplifier juga harus baik.

Disisi lain kualitas speaker itu sendiri juga sangat berpengaruh, dan keseimbangan antara speaker woofer, middle dan tweeter juga sangat menentukan hasil yang dicapai. Jadi ada banyak sekali poin yang harus diperhatikan kalau ingin mendapatkan hasil yang memuaskan.

Skema Filter Middle

Untuk membuat rangkaian filter mid maka diperlukan beberapa komponen pasif yang dirangkai dalam pcb khusus, kita dapat membuatnya sendiri karena memang tidak banyak komponen yang dipakai. Dan bahkan beberapa komponen seperti lilitan dapat dibuat sendiri, termasuk skema jalur pcb yang dapat digambar sendiri untuk menyesuaikan dengan keperluan.

Yang ingin dijadikan contoh pada artikel ini adalah filter middle pasif dengan menggunakan gabungan antara komponen kapasitor, resistor, dan induktor sehingga akan menghasilkan filter yang mampu menyaring frekuensi mid dengan baik.

Perhatikan pada gambar skema mid diatas, dimana beberapa komponen dapat kita peroleh dengan mudah sehingga tidak perlu mencari dengan susah dan dapat membelinya langsung dari toko elektronika.

Dari beberapa pembahasan diatas kita dapat menentukan seperti apa kebutuhan akan filter mid yang sesuai dengan rangkaian amplifier yang digunakan, dan tentunya memilih mana opsi terbaik apakah membeli jadi kit filter middle atau merangkainya sendiri menggunakan komponen yang lebih sederhana.

Maka semua itu kembali pada kebutuhan kita akan seperti apa menerapkan pada speaker yang digunakan karena itu akan menentukan hasil yang dicapai pula.